oleh

Minta Kinerja Pengawas Pemilu Disampaikan ke Masyarakat

Banjarmasin, BARITO – Masyarakat Pemantau Pemilu  (Maspanlu) Kalimantan Selatan berharap kerja-kerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi/Kabupaten/kota dapat dievaluasi secara menyeluruh. Kemudian tugas-tugas yang telah dilaksanakan selama Pilkada 2020 disampaikan kepada masyarakat luas. “Saya kira perlu ada keterbukaan terhadap masyarakat atas kinerja Bawaslu di Kalsel selama pelaksanaan Pilkada 2020,” ujar Ketua Masyarakat Pemantau Pemilu (Maspanlu) Kalsel Saleh Saberan, Sabtu (9/1/2020).

Ia mengakui, pada 2022 mendatang ada lagi pelaksanaan Pilkada, sebab itu pengawasan pilkada harus lebih baik dari saat ini. “Bawaslu punya relawan dan petugas sampai ke tingkat kelurahan, yang selarusnya bisa mengawasi segala pelaksaan Pilkada 2020 secara baik,” tuturnya.

Artinya, sebut Saleh Saberan, jangan sampai Bawaslu hanya menerima laporan masyarakat saja terkait dugaan kecurangan Pilkada, namun pengawas pemilu justru harus lebih bisa menemukan dugaan pelanggaran dan dugaan kecurangan. “Rasa keadilan masyarakat harus menjadi cerminan dalam Pilkada 2020, dengan hak pilih yang disalurkan melalui pencoblosan 9 Desember 2020,” katanya.

Selain itu, Ia meminta para pendukung pasangan calon untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi sehingga pasca Pilkada 2020 dapat damai dan tenteram. “Ya, mari kita lihat hasil Pilkada 2020 dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK), dan para pendukung pasangan calon bisa menghormati upaya hukum hasil putusan MK yang menjadi pegangan,” imbuhnya.

Maspanlu menyatakan Pilkada 2020 berjalan aman dan damai, sebab itu masyarakat dapat tenang di Bumi Lambung Mangkurat.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed