oleh

Masyarakat Diingatkan Pentingnya Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi

Kandangan, BARITO – Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meneruskan rangkaian sosialisasi Program Bangga Kencana di Desa Tambak Bitin Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Rabu (16/12).

Kepala BKKBN Provinsi Kalsel Ramlan menyampaikan, Program Bangga Kencana adalah program baru pemerintah yakni singkatan dari Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana.

Dikatakan, ada perubahan strategi pemerintah, dimana dulunya fokus kepada permasalahan kependudukan dan keluarga berencana. Namun sekarang lebih fokus kepada pembangunan keluarga itu sendiri.

“Apalagi di masa pandemi seperti ini, pembangunan keluarga menjadi penting agar bisa bertahan baik secara kesehatan maupun segi ekonomi keluarga,” ujarnya.

Sehingga melalui program ini, Ramlan menginginkan masyarakat Desa Setarap mengerti pentingnya kesehatan, terlebih pada kondisi ibu hamil.

“Jangan sampai apa yang menjadi masalah di sini menjadi semakin meningkat. Kita hendaknya, setelah dengan memberikan pemahaman tentang program ini, masyarakat pun benar-benar menerapkannya. Sehingga tidak ada lagi kekhawatiran resiko angka KEK (kurang energi kronis) pada ibu hamil meningkat di tempat ini,” jelasnya.

Kegiatan sebagai kemitraan antara Komisi IX DPR RI dan BKKBN Pusat.

Anggota Komisi IX DPR RI, H Muhammad Nur melalui staf ahli komisi, Ahmad Sauqi mengimbau, masyarakat bisa benar-benar memahami program pemerintah ini, hingga akhirnya tidak lagi didapati kasus stunting dan KEK pada ibu hamil.

“Mari kita semua peduli kepada kesehatan. Terutama pada masa pandemi ini. Sebab, dengan kita peduli, kita bisa mencegah serta mengurangi resiko penyakit,” tuturnya.

Sementara, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) BKKBN Pusat Nofrijal. SP, MA memaparkan seputar pentingnya menjaga kesehatan, mengurangi risiko kematian pada ibu dan anak, hingga penggunaan kontrasepsi.

Asisten II Setdakab Hulu Sungai Selatan, Drs H Sasmi rifani MAP menyampaikan terima kasih kepada semua panitia dan peserta karena acara ini dilakukan dengan menaati protokol kesehatan.

Program bangga kencana merupakan program untuk mewujudkan keluarga berkualitas dan sehat. Harapannya kegiatan kali ini dapat menjadi tonggak bagi masyarakat Daha Utara untuk terus bekerja sama menciptakan keluarga berkualitas.

Rilis/Salman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed