oleh

Lonjakan Angkutan DLU Hanya Roda Dua dan Mobil Kecil

Banjarmasin, BARITO – Armada pelayaran nasional ternama PT Dharma Lautan Utama (DLU) hanya merasakan lonjakan pada angkutan sepeda motor roda dua dan mobil kecil, jika dibandingkan dengan hari biasa. “Ya, kalau dibandingkan dengan tahun lalu, tentu sepanjang tahun 2020 dengan rute Banjarmasin ke Surabaya sangat jauh menurun, hingga 50 persen,” ujar Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin Anton Wahyudi, Senin (28/12/2020).

Ia mengakui, jika dibanding dengan hari biasa, ada kenaikan lebih 20 persen. Bahkan penumpang sangat terlihat sedikit dengan kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini. “Ya, paling penumpang ada 50-70 orang sampai detik ini, padahal kalau menjelang akhir tahun biasanya sampai 150-200-an lebih setiap keberangkatan,” tambahnya.

Terkait gelombang tinggi, Ia menyebutkan, sempat terjadi cuaca buruk dan berpengaruh, namun karena kapal DLU berkapasitas cukup besar, tentu keberangkatan tak mempengaruhi. “Kami juga menghindari kerumunan penumpang masa pandemi Covid-19 ini, dan belum tahu sampai kapan berakhir,” katanya.
Untuk pengangkutan barang, ucapnya, hingga saat ini tidak ada peningkatan seperti barang lelang proyek, jika tahun lalu sangat berlimpah. “Kalau tahun 2020 ini tidak ada sama sekali barang lelang proyek yang kita angkut,” tandasnya.
Tetapi, kata Anton, pengangkutan sayur mayur dan barang konveksi relative tinggi. “Ya, biasa full akhir tahun untuk angkutan barang, dan kategori barang tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Kalau tahun kemarin itu 30 persen barang konstruksi sekarang justru sayur,” katanya yang memastikan kapasitas kapal mampu mengangkut 45 unit truk.

Dengan kebijakan pemerintah dengan rapid test antigen, katanya, tentu juga mempengaruhi terhadap keberangkatan pengangkutan penumpang. “DLU pakai antibodi untuk setiap penumpang,” tuturnya.
Untuk rute Banjarmasin ke Surabaya atau sebaliknya, DLU mengoperasikan dua kapal besar.
Seiring peningkatan pelayanan pihaknya untuk lebih memudahkan calon penumpang seperti pemesanan tiket melalui online serta jadwal keberangkatan kapal yang bisa dicek hanya dengan mengakses aplikasi DLU Ferry yang bisa diunduh di Google Playstore.
“Keberangkatan kapal juga sekarang lebih tepat waktu sepanjang cuaca dan kondisi perairan mendukung untuk keselamatan pelayaran,” imbuh Anton.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed