oleh

Layanan Paspor Simpatik Lebihi Kuota

-Bandarmasih-5.381 views

Pelayanan Paspor Simpatik di Banjarmasin, Sabtu(5/1).

Banjarmasin, BARITO –Pelayanan Paspor Simpatik yang digelar setiap Sabtu dimanfaatkan benar-benar oleh masyarakat. Bahkan jumlah pemohon melebihi kuota misalnya di Kantor Imigrasi(Kanim) Banjarmasin.

Kakanim Banjarmasin Syahrifullah dalam laporannya kepada Dodi Karnida Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan mengatakan, awalnya kuota sebanyak 50 orang sesuai arahan Direktorat Jenderal Imigrasi.

“Namun kami menaikkannya menjadi 70 orang dan ternyata pemohon mencapai 90 orang,” bebernya, Sabtu (5/1).

Kata Syahri, hari Sabtu 5 Januari 2019 adalah hari kedua Pelayanan Paspor Simpatik yang dilaksanakan pada hari Sabtu di seluruh kantor imigasi (Kanim) se Indonesia dalam rangka Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-69 yang puncak peringatannya akan dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2019.

Pelayanan Paspor Simpatik di seluruh Indonesia ini diawali pada hari Sabtu, 29 Desember 2018, kemudian hari ini, 5 Januari 2019 dan akan berlanjut pada hari Sabtu berikutnya tanggal 12 dan 19 Januari 2019. 

Dia mengungkapkan, Sabtu(5/1) pihaknya melayani 90 (sembilan puluh)  pemohon. Terdiri atas 38 orang laki-laki dan 52 orang perempuan. 

Dari 38 orang pemohon laki-laki, sebanyak 21 orang adalah pemohon baru.Sedangkan 17 orang merupakan pemohon penggantian paspor. Adapun dari 52 pemohon perempuan, pemohon baru dan pemohon penggantian paspor jumlahnya sama yaitu 26 orang.

“Untuk pelayanan hari ini, para pemohon sudah datang sejak pukul 07.00 dan langsung mengambil nomor antrian padahal pelayanan dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00. Kami benar-benar total melayani masyarakat,” jelasnya. 

Pihaknya juga menyiapkan 8 orang petugas yang didampingi bersama-sama dengan seluruh Pejabat Struktural Kepala Seksi maupun Kepala Subseksi. 

“Alhamdulillah pelayanan berlangsung lancar dan nampak masyarakat sangat senang dengan pelayanan kami ini. Inilah sumbangsih kami kepada masyarakat dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi Tahun 2019 ini,” bebernya.

Terkait dengan kegiatan Pelayanan Paspor Simpatik Hari Bhakti Imigrasi ke-69 ini, Dodi Karnida menyatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pelayanan jajaran Kanim Banjarmasin dan Batulicin.

“Pelayanan prima sangat kami apresiasi. Karena walau hari Sabtu ini merupakan hari libur, tetapi mereka loyal terhadap arahan pimpinan dan melaksanakan tugas dengan cerdas, ikhlas dan tuntas serta berintegritas,” tegasnya.

Berintegritas artinya, bahwa pihaknya meyakini dalam pelaksanaan tugasnya, jajaran imigrasi telah melakukannya dengan baik tanpa ada prosedur yang dilanggar.

Serta tidak ada pungutan biaya apapun kecuali kewajiban pemohon untuk membayar biaya paspor melalui Bank yang untuk paspor 48 halaman/5 tahun adalah sebesar Rp. 355.000,00.


Selanjutnya Dodi mengutip laporan dari Ketut Satria Kepala Seksi Sistem Teknologi dan Informasi Kanim Batulicin yang menyampaikan bahwa di Kanim Batulicin, dari kuota sebanyak 25 orang ternyata pemohon hanya mencapai 20 orang yaitu 13 orang pemohon laki-laki dan 7 orang perempuan. 

Mereka itu 19 orang pemohon baru dan 1 orang pemohon penggantian . Kepada pemohon itu,  Kanim Batulicin menyiapkan petugas sebanyak 5 orang yang langsung diawasi oleh kepala kantor dan pejabat strukturalnya.tya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed