oleh

Laka Kerja di Kapal FC BEN Glory ,  Operator Cran  Tewas

EVAKUASI KORBANAnggota Polres Tanbu dan Dit Polair Polda Kalsel saat mengevakuasi korban guna melakukan penyelidikan lebih lanjut, terkait tewasnya operator Cran bernama Tri Untoro di kapal FV Ben Glory, Sabtu (26/1/2019)) sore. (foto:ist)

Satui, BARITO – Kecelakaan (laka)  kerja terjadi di wilayah  perairan Muara Satui Tanah Bumbu (Tanbu), Sabtu (26/1/2019) sore sekitar  pukul 18.50 Wita di FC  Ben Glory.

Laka kerja itu memakan korban tewas yang  diduga menimpa Tri Untoro (43), operator Cran FC Ben Glory warga  Pulau Karasian RT 04/02 Kotabaru, Kalsel.

Kejadian laka kerja itu bermula sekitar pukul 16.00 Wita korban mulai jaga menggantikan Hidayatullah yang dijadwalkan  sampai jam 20.00 Wita. Pukul 16.40 Wita korban menginfokan kepada perwira jaga melalui radio vhf CH 74 bahwa ada indikasi kerusakan pada Slewing Gearbox. Kemudian  perwira jaga mengintruksikan untuk Cran distop dan diadakan pengecekan.

Elektrician naik ke cran untk mengecek kerusakan tersebut dan melaporkan ke perwira jaga bahwa pada Slewing Gearbox no 2 rusak. Hal itu diinfokan kepada master FC Benglory.

Sekitar pukul 18.30 Wita selesai pemasangan tali untuk mengangkat Slewing Gearbox dan kru beristirahat. Kemudian  rencana perbaikan akan dilakukan kembali pukul  19.30 Wita.  Pada waktu itu korban masih stan by di atas sambil menunggu waktu penggantian jaga.

Pukul 18.50 Wita penggantinya datang bernama  Sugianoor.  Kemudian korban turun dan tidak lama kemudian terdengar suara, setelah dicek keluar korban sudah di lantai dek dengan posisi telungkup.

Kaget dengan  kondisi korban lalu  diinfokan kepada kru jaga selanjutnya korban di evakuasi ke posko. Sekitar puku; 18.55 Wita setelah dilakukan pengecekan korban sudah meninggal. Mereka kemudian mehubungi kantor cabang di Satui via telpon  minta bantuan evakuasi ke darat

Untuk selanjutnya perkara tersebut ditangani oleh pihak Dit Polair Polda Kalsel.

Demikian  informasi yang disampaikan  Humas Polres Tanah Bumbu(Tanbu) dengan saksi Rika Afriyadi (41) dan Sugiannoor (36).

“Benar, sore ini kita mulai mengadakan pemeriksaan terhadap saksi-saksi untuk mengetahui penyebabnya,”sebut Dir Polair Polda Kalsel Kombes Pol I Made Sukawijaya saat dikonfirmasi BaritoPost  sore tadi. ndy/mr’s

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed