oleh

Ketersediaan Anggaran, Anggota Dewan Tiap Bulan ke Luar Daerah


Banjarmasin, BARITO
– Kegiatan anggota DPRD Kalimantan Selatan yang terjadwal setiap bulannya ke luar daerah, baik itu dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD), seperti Komisi-komisi, Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda) dan Badan Kehormatan (BK) maupun diluar AKD, yakni Panitia Khusus (Pansus) dan peningkatan kapasitas SDM.

Karena ketersediaan anggaran yang bersumber dari DPA Sekretariat DPRD Kalsel, yang memungkinkan wakil rakyat setiap bulannya melaksanakan kegiatan keluar daerah, baik itu studi komparasi maupun konsultasi serta monitoring ke dalam daerah.


Demikian diungkapkan Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Kalsel Muhammad Jaini kepada Barito Post, Rabu (2/1) di Banjarmasin.
Jaini menuturkan, sebelum dibuat kegiatan bulanan DPRD Kalsel, terlebih dahulu ada kegiatan komisi-komisi dan alat kelengkapan dewan lainnya.
Lanjutnya, dari kegiatan komisi dan AKD itu lah kemudian kita bahas bersama membuat jadwal kegiatan bulanan dewan, salah satunya kegiatan AKD ke luar daerah.


“Karena ketersediaan anggaran di dalam DPA Sekretariat DPRD Kalsel, maka setiap bulan ada kegiatan AKD ke luar daerah,” terangnya.
Ditambahkannya, DPA Sekretariat DPRD Kalsel itu fungsinya memberikan pelayanan administrasi dan keuangan bagi anggota dan pimpinan dewan melalui jadwal kegiatan AKD setiap bulannya.


Jaini menyebutkan, untuk kegiatan ke luar daerah bagi AKD hanya komisi-komisi yang dijatah dua kali, sedangkan AKD lainnya, seperti Banggar, Banmus, BP Perda dan BK dijatah hanya satu kali. Sementara yang diluar AKD, yakni Panitia Khusus diberikan jatah tiga kali ke luar daerah, kemudian untuk peningkatan SDM bagi anggota dan pimpinan dewan hanya dijatah satu kali.


“Jadwal kegiatan dewan tiap bulan ini diagendakan oleh Banmus dengan melibatkan pihak Setwan dan pihak eksekutif untuk mensinkronkan agenda dengan Gubernur,” tandasnya.


Sementara diawal tahun 2019 ini, para wakil rakyat terhormat di Rumah Banjar, kembali disibukan kegiatan ke luar daerah, sebagaimana data yang dihimpun Barito Post berdasarkan Materi dan Jadwal Kegiatan DPRD Kalsel Bulan Januari 2019. Agenda yang akan dilaksanakan wakil rakyat, yakni 3-5 Januari (Kamis-Sabtu), kegiatan studi komparasi/konsultasi Banmus ke lembaga/instansi terkait di luar daerah.

Kemudian dilanjutkan pada 6-8 Januari (Minggu-Selasa), kegiatan studi komparasi/konsultasi Komisi-komisi DPRD ke lembaga/instansi terkait di luar daerah.

Agenda selanjutnya pada 13-15 Januari (Minggu-Selasa), kegiatan studi komparasi/konsultasi Komisi-komisi DPRD ke lembaga/instansi terkait di luar daerah.


Wakil rakyat kembali melanjutkan agendanya pada 17-19 Januari (Kamis-Sabtu), kegiatan studi komparasi/konsultasi BP Perda dan BK ke lembaga/instansi terkait di luar daerah, dilanjutkan lagi pada 20-22 Januari (Minggu-Selasa), kegiatan studi komparasi/konsultasi Banggar ke lembaga/instansi terkait di luar daerah.


Sedangkan agenda lainnya yang akan dilaksanakan para wakil rakyat ini, yakni pada 23-26 Januari (Rabu-Sabtu), kegiatan peningkatan kapasitas SDM bagi pimpinan dan anggota DPRD Kalsel, kemudian dilanjutkan pada 27-29 Januari (Minggu-Selasa), kegiatan monitoring dan evaluasi komisi-komisi ke dalam daerah.


Sedangkan di akhir bulan Januari di agendakan pada 31 Januari (Kamis), Rapat Paripurna Pengambilan keputusan DPRD Kalsel terhadap Raperda yang telah di fasilitasi dari Kementerian Dalam Negeri.sop

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed