oleh

Kerjasama ULM, Peradi RBA Banjarmasin Buka Pendidikan Khusus Profesi Advokat                      

Banjarmasin, BARITO – Ada kesempatan baik bagi mahasiswa yang baru lulus fakultas hukum atau siapapun yang berlatar pendidikan hukum dan ingin menjadi seorang advokat. Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) – Rumah Bersama Advokat (RBA) Banjarmasin atau DPC Peradi- RBA Banjarmasin akan membuka Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA)

Ketua DPC Peradi RBA Banjarmasin DR Marudut Tampubolon SH MM MH didampingi Sekretaris Edwar Hilmi SH dan Ketua Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan, Joy Morris Siagian SH MM MH CIL mengatakan DPC Peradi RBA saat ini memprogramkan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

PKPA ini sebagai pintu gerbang dalam rangka ujian untuk menjadi seorang advokat

Menurut Marudut Tampubolon pada tanggal 2 November lalu, Peradi telah bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM ) menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) tersebut.

Rencananya pendidikan akan digelar pada 16 Januari 2021 – 7 Maret 2021.

“Untuk Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) memang harus ada kerjasama dengan insitusi pendidikan” jelas Marudut Tampubolon kepada wartawan Minggu (13/12/2020) .

Menurut mantan Ketua Forki Kalsel dua periode ini, ada lima institusi pendidikan khusus hukum di Banjarmasin Kalsel. Khusus DPC Peradi- RBA Banjarmasin bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat.

Sementara untuk organisasi lain, pihaknya tak ada mendeteksi ada kerjasama yang dimaksud.

“Mengingatkan juga kalangan khusus yang memiliki gelar sarjana hukum agar dalam menempuh pendidikan ini bisa memilih dan memilah karena kita mensinyalir ada beberapa organisasi lain yang mengambil jalan pintas tidak melaksanakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) ini sebagaimana diamanatkan UU 18 Tahun 2003 tentang advokat,” ingatnya didampingi Wakil Bendahara Annisa Hidayati SH MH dan Wakil Sekretaris M Yusuf Ilmi SH MH.

Marudut menambahkan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) ini dikhususkan sebagai pintu gerbang bagi orang yang berlatar pendidikan hukum untuk menjadi seorang advokat.

Ditambahkannya, pihaknya selaku penyelenggara mengimbau agar patuh, taat terhadap UU Advokat dimana dalam penyelenggarakan pendidikan, organisasi harus bekerja sama dengan lembaga pendidikan atau institusi pendidikan khususnya berlatar pendidikan hukum di kalsel.

Wakil Sekretaris M Yusuf Ilmi SH MH menambahkan sejauh ini sudah banyak mendaftar terutama para alumni yang baru saja di wisuda (fresh graduate) bahkan dari provinsi Kalteng dan Papua ” Mereka biasanya rekan-rekan yang sudah pensiun baik berlatar belakang kepolisian, TNI dan juga kejaksaan, pegawai negeri sipil, untuk mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) ini” beber Yusuf Ilmi

Nah bagi mereka yang berminat ingin menjadi advokat profesional bisa mendaftar Sekretariat Pendaftaran PKPA FH ULM – Peradi di Gedung A Fakultas Hukum ULM Jalan Brigjen H Hasan Basry (Kayutangi).

Pendaftaran pada 23 Nopember-18 Desember 2020.

Penulis/Editor: Mercurius

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed