oleh

Karateka Kalsel Lolos PON Papua

Banjarmasin, BARITO – Karateka Kalsel berhasil melewati babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019 dengan hasil mengembirakan. Ada dua atlet yang telah memastikan lolos PON 2020 di Papua.

Dua karateka Kalsel yang merebut tiket PON mendatang, M Mazlan yang menjadi juara tiga di nomor kumite minus 55 kilogram dan Muhammad Saifa Alim yang menempati peringkat enam di nomor Kata (jurus) perorangan putra pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Pra PON yang berlangsung, Selasa (5/11) di Hall Basket Senayan, Jakarta.

“Bersyukur ada karateka Kalsel yang berhasil menjadi kontestan pada PON Papua mendatang. Mereka itu, M Mazlan dan Muhammad Saifa Alim,” ungkap Anton Arisandi mewakili tim pelatih kontingen karate Pra PON Kalse, kemarin.

Penampilan Mazlan, lanjutnya, sudah sangat memuaskan walau belum bisa menyumbangkan medali emas. “Mazlan gagal ke final setelah mengalami kekalahan atas atlet katateka yang tergabung di pelatihan nasional (Pelatnas) Sea Games,” tutur anggota Binpres Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Kalsel ini.

Dipertandingan babak pertama, Mazlan secara meyakinkan menang dari Sulawesi Tengah (Sulteng). Berikutnya di babak kedua, mengalahkan karateka Aceh. “Mazlan memastikan tiket PON usai menundukan wakil Maluku. Sayang disemifinal Mazlan kalah ketika menghadapi karateka Lampung,” jelasnya.

Diperhelatan ini, sambungnya, Kalsel menurunkan 13 karateka terbaiknya. Kesemuanya itu turun di 6 kelas kumite putera, 5 kelas kumite puteri, serta masing-masing satu kelas di nomor kata perorangan putera dan puteri.

Tim karateka Kalsel yang dilatih trio Donaldo Wowor, Eko DP dan Sihan Gustaf sebelumnya sudah melakukan pemusatan latihan selama kurang lebih 3 bulan di Banjarmasin. “Dari hasil latihan intensif selama ini akhirnya membuahkan hasil, sesuai harapan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang kerap disapa Paman Birin dengan target Lolos PON XX 2020 Papua. Paman Birin juga memberikan dukungan yang luar biasa sebagai Ketua Forki Kalsel,” bebernya.

Penulis: Tolah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed