oleh

Kapolres Tanbu Gagas Deklarasi Netralitas Jelang Pilkada

Batulicin. BARITO – Menjelang perhelatan Pilkada serentak di Tahun 2020, Kapolres Tanbu AKBP Himawan Sutanto Saragih SH. SIK. ST menginisiasi deklarasi Netralitas yang melibatkan TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan.

Deklarasi Netralitas yang digelar di Mako Polres Tanbu, kemis (23/10), dihadiri, Sekda Tanbu H. Rooswandi Salem, M. Sos.MM, Dandim 1022/TNB Letkol Cpn Rahmat Trianto, M.Si M.Tr, Kajari Tanbu Muhammad Hamdan SH, Bawaslu Kamaluddin Malewa, serta Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) Kecamatan.

Deklarasi Netralitas TNI, Polri dan ASN dibacakan oleh Sekda Tanbu Rooswandi Salem yang diikuti semua peserta, berkomitmen untuk menjaga netralitas pada pemilihan kepala daerah yang dilaksanakan secara serentak di kalsel baik pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati di Tanbu.

Sekda Tanbu Rooswandi Salem, mengatakan atas nama pemerintah daerah memastikan netralitas nya dilingkup ASN, sebagaimana yang sudah diatur, yang tentunya jika ada ASN melanggar akan diberikan sanksi kepada pelanggar tersebut.

Berkaitan dengan kegiatan ini, lanjut Rooswandi, selain metralitas yang sudah disepakati dengan seluruh Forkopimda juga penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu, juga bersama elemen masyarakat dan tokoh masyarakat dan ormas juga melaksanakan deklarasi anti anarkisme.

“Selain deklarasi netralitas juga dilaksanakan anti anarkisme yang melibatkan ormas, tokoh masyarakat dan semua elemen masyarakat, Kata Rooswandi Salem.

Ditempat yang sama Kapolres Tanbu AKBP Himawan Sutanto Saragih, menghimbau kepada anggotanya untuk bersikap netral dalam pilkada tersebut, karena sesuai tugas dan fungsi polri melakukan pengamanan agar tercipta situasi yang aman dan damai.

Dia menyebut bahwa TNI, Polri tetap bersinergi saling menjaga dan mengingatkan satu sama lain untuk menjunjung tinggi netralitas.

“Kami tetap bersinergi dengan TNI dan Satpol PP untuk menjaga kedamaian, sehingga pilkada dapat berjalan aman dan kondusif,” Ujarnya.

Dandim 2022/TNB Letkol Cpn Rahmat Trianto M.Si M. Tr juga menegaskan netralitasnya dalam pilkada 2020 ini.

Menurutnya deklarasi netralitas ini adalah suatu wujud untuk memberikan rasa keprcayaan kepada masyarakat Tanbu, bahwa pihak aparatur negara TNI, Polri dan ASN tidak memihak kepada salah satu paslon yang ada di Tanbu.

“Kita aparatur negara tidak memihak kepada salah satu paslon, karena kita tahu bahwa bila ikut serta menggerakkan massa dalam hal ini kampanye itu merupakan pelanggaran pidana yang telah diatur dalam undang-undang,” sebutnya.

Letkol Cpn Rahmat Trianto selaku Dandim 1022/TNB dari awal sebelum proses pilkada sudah menegaskan kepada prajuritnya untuk tidak ikut serta politik praktis apapun bentuknya baik itu menggerakkan, menghimpun, deklarasi dan lainya.

Penulis: Hali
Editor : Mercurius

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed