oleh

IKA ULM dan Dispora Kalsel Kenang Pahlawan Ampera

Banjarmasin, BARITO – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang didukung Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel menggelar ziarah makam pahlawan dan sarasehan dalam rangka memperingati 55 tahun gugurnya Pahlawan Ampera Hasanuddin HM, Sabtu (20/2) di Banjarmasin.

Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof Dr H Sutarto Hadi mengatakan, kegiatan ini digelar secara sederhana mengingat masih di masa Pandemi Covid-19. Kendati demikian, berharap
tidak menyurutkan niat dan semangat dalam meneladani perjuangan Pahlawan Ampera Hasanuddin HM.

Hal senada disampaikan Koordinator IKA ULM, Rizki Eri Munadi, dimana kegiatan ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena masih di masa pandemi sehingga digelar secara terbatas untuk menyesuaikan dengan protokol kesehatan (Prokes).

“IKA ULM setiap tahun melaksanakan kegiatan seperti ini. Namun kali ini mengusung tema, refleksi ULM sebagai universitas perjuangan,” ujarnya.

Kegiatan ini, sambungnya, untuk memberikan transformasi dan aktualisasi revolusi mental bagi mahasiswa ULM dan juga sebagai pendidikan karakter.

“Universitas perjuangan ini didirikan oleh para pejuang di Kalsel. Termasuk Brigjen H Hasan Basry sebagai rektor pertama yang mendirikan ULM,” terangnya.

Melalui kegiatan sarasehan ini, lanjutnya, potensi alumni ULM dihimpun untuk dikoordinasikan bagaimana langkah kedepan guna berkontribusi bagi pembangunan daerah.

Disamping itu, Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Kalsel, Yuyu Rahmad Mulyana diwakili M Nashir (Kasi Peningkatan Kapasitas dan Kreativitas Pemuda Dispora Kalsel) mengatakan, kegiatan diawali dengan ziarah ke Makam Pahlawan Antasari di Jalan Malkon Temon, Kecamatan Banjarmasin Utara. “Napak tilas ini harusnya dilaksanakan dengan cara long march. Karena pandemi, hanya diadakan ziarah umum saja,” tuturnya.

Dalam kegiatan sarasehan, ditambahkannya, akan dibahas langkah-langkah untuk Kalsel lebih baik kedepan yang dihadiri Forkopimda Provinsi Kalsel dan Civitas Akademisi ULM.

Penulis: Tolah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed