oleh

Fasilitasi TC Luar Negeri

Banjarmasin, BARITO – Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel memfasilitasi bagi cabang olahraga (cabor) yang ingin melakukan technical center (TC) ke luar negeri. Tentunya yang memiliki potensi meraih medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua.

“Kalau memang memungkinkan, TC persiapan PON ke luar negeri. Sebenarnya kita ada menganggarkan dana TC ke luar negeri di tahun 2020,” ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel, Hermansyah kepada wartawan usai mebuka turnamen terbuka tenis meja Paman Birin Cup se Kalimantan, Jumat (11/10) di Gedung Kompeten Banjarmasin.

Terutama, lanjutnya, bagi cabor yang berpotensi meraih medali pada perhelatan multi even olahraga empat tahunan tanah air mendatang. “Kalau ingin dan memang dianggap perlu TC ke luar negeri, Dispora sebagai perpanjangan tangan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor akan memfasilitasi,” ucapnya yang didampingi Kabid Olahraga Prestasi Dispora Kalsel, Fitri Hernadi.

Saat ini, sambungnya, memang ada beberapa cabor yang telah mengikuti babak kulifikasi dan lolos PON. Diantaranya, tinju, biliar, dan menembak. “Namun kami akan melihat dulu pencapaian prestasi saat babak kulifukasi dan peluang meraih medali pada PON mendatang,” tuturnya.

Dalam waktu dekat ini, ditambahkanya, cabor gulat baru akan menjalani babak kualifikasi PON di Jakarta. “Sebelum mengikuti Pra PON, cabor gulat mendatangkan pelatih dan sparing partner dari Bulgaria. Cabor gulat merupakan salah satu unggulan dan menjadi lumbung perolehan medali setiap perhelatan PON sebelumnya,” jelasnya.

Baru-baru tadi, atlet gulat Kalsel berhasil meraih medali emas dan sejumlah medali perak serta perunggu pada Southeast Asian Senior, Junior, Cadet Wrestling Festival 2019, di Sisaket Thailand. “Semua cabor kalau berprestasi tentu Pengprov akan memfasilitasi. Apalagi Paman Birin sapaan akrab Sahbirin Noor dianugrahi pembina olahraga terbaik nasional yang akan selalu peduli dan memberikan perhatian kepada cabor dan atlet berprestasi,” imbuhnya.

Tolah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed