oleh

Enam Puluh Lebih Dana Hibah Ormas Cair

Pelaihari,BARITO – Dalam kurun waktu perjalanan tahun 2020 hingga mendekati akhir tahun, sudah sebanyak 60 lebih Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang telah menerima dana hibah dari Pemkab Tanah Laut melalui Bagian Kesra.

H.Hamdani,S.sos Kasubag Sosial Budaya (Sosbud) pada Kesra Rabu,(25/11) mengatakan, ada sebanyak 73 Ormas yang mengajukan bantuan dalam bentuk uang.

“Dari 73 ormas tersebut, hingga hari ini sekitar 60 ormas yang telah dicairkan. Selebihnya belum bisa dicairkan karena sifatnya ingin melaksanakan event keagamaan sehingga dengan alasan tidak dicairkannya dana mengingat menggelar evet masih tidak diperkenankan untuk pengumpulan massa karena pandemi covid 19,” jelas Hamdani.

Ia menambahkan, sesuai pendataan bantuan dalam bentuk dana diatas Rp 10 juta bagi ormas, namun ada juga yang besar Rp 280 juta yakni untuk ormas Muhammadiyah dan Ponpes Syuhada.

Bantuan dana sifatnya hibah. Dana ditransfer ke bendahara ormas namun sudah barang tentu dengan prosedur adminitrasi yang terpenuhi pula.

Hamdani menambahkan, sebelum pencairan diawali dengan survei, menyesuaikan dengan permohonan, selanjutnya melalui rapat tim evaluasi hibah yang terdiri dari Beppeda, DPUPRP,Bagian Hukum, Bapenda, Kesra dibahas bersama. Setelah survei dan dalam rapat menampilkan gambar dan video pada objek permohonan dari ormas untuk disinkronkan.

Pada tahun 2021 mendatang event keagaman dana dialihkan ke kecamatan.
Namun yang sifatnya rehab fisik tetap dibagian Kesra.

Total dana dari 73 ormas jika 100 persen dapat dicairkan sebesar Rp 5,295.570.000.

Dari monitoring sebagian besar memang sudah dilaksakanan, baik yang fisik maupun non fisik.

Dijelaskannya pula, dana Rp 5 milyar lebih itu adalah perencanaan atau usulan tahun 2019, kemarin. Jika ada ormas yang mengajukan bantuan dalam bulan dan tahun ini, maka proses pencairannya ditahun 2022 mendatang.

Usulan bantuan dana ormas sensdiri melihat pada kondisi dilapangan, dan bantuan dana sendiri bisa separo dari usulan dibantu atau melihat pada kondisi dilapangan, apakah sesuai dengan usulan atau tidak,ujar Hamdani.

Pada tiap tahunnya ada dana hibah yang rutin yakni kepada Baznas, Pramuka, PMI, Koni, dan FKUB.

Penulis: Basuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed