oleh

DPRD Minta Masyarakat Waspadai Campak dan Rubella

-Bandarmasih-2.649 views

Banjarmasin, BARITO-Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin meminta agar masyarakat bisa mewaspadai penyakit campak dan rubella, karena kedua penyakit ini merupakan permasalahan kesehatan yang harus diantisipasi dini.

Harapan tersebut diungkapkan Anggota DPRD kota Banjarmasin HM Faisal Hariyadi kepada wartawan.

Ketua Komisi IV ini mengakui memang penyakit ini belum ditemukan penderita di Kota Banjarmasin, namun penyakit campak dan rubella kini menjadi masalah kesehatan di Indonesia.

“Biar bagaimanapun, saya menghimbau agar masyarakat tetap mewaspadai penyakit campak dan rubella ini, karena kedua jenis penyakit ini sifatnya menular dan bisa menyebabkan kematian,“ ujarnya.

Maka dari itulah, dia mengharapkan agar para orang tua bisa sesegera mungkin melakukan imunisasi kepada anak-anaknya, untuk menghindari penyakit ini menyerang anak-anak, mengingat penyakit ini sering kali menyerang anak-anak.

Disamping itu pula menurutnya, pemerintah sudah memberikan program imunisasi gratis campak dan rubella, agar masyarakat bisa terhindar dari penyakit ini.

“Apalagi Pemerintah sudah membuat program imunisasi gratis campak dan rubella, serta memberikan penyulukan kepada masyarakat terkait ancaman dan bahaya penyakit ini,“ tambahnya.

Menurutnya,  penyakit  campak dan rubella akibat  infeksi saluran pernafasan dan sifatnya sangat menular. “Bagi anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi campak dan rubella atau yang belum pernah terserang penyakit campak dan rubella berisiko tinggi tertular penyakit ini,“ ujarnya.

Lebih jauh dikemukakan berdasarkan penelitian, gelaja penyakit campak diawali demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit disertai batuk, pilek dan mata merah, sedangkan gejala penyakit rubella tidak spesifik, bahkan bisa tanpa gejala. del

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed