oleh

DPRD Ingatkan Agar Dana Penanganan Covid-19 Tempat Sasaran

Banjarmasin, BARITO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin mengingatkan agar dana penanganan bencana Covid-19 bisa tepat sasaran, sehingga bisa dimaksimalkan lagi dalam mengatasi virus yang mematikan ini.

Harapan tersebut diungkapkan Anggota Komisi IV DPRD Banjarmasin, Hari Kartono kepada wartawan ketika usai melakukan penyemprotan ke rumah warga di jalan Pangeran, Gang Ar Rahman, Banjarmasin Utara, Minggu (5/4).

Dia mengingatkan agar dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang sudah direlokasikan sebesar Rp51 miliar, sesuai kesepakatan angara Pemko dan DPRD Kota Banjarmasin,  sebagai dana penanganan virus Corona bisa digunakan tepat sasaran.

Politisi Gerindra ini mengatakan, bahwa hingga kini virus corona masih saja menghantui warga Banjarmasin. Sehingga diharapkannya agar Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin bisa merumuskan kebijakan konkrit dalam menghadapi situasi sekarang.

“Tentunay kami dari DPRD Kota Banjarmasin dari komisi IV membidangi kesehatan berharap kepada Gugus Tugas P3 Covid-19 memaksimalkan dana yang sudah dianggarkan dan dipakai sesuai tepat sasaran,” kata Hari

Ditegaskannya dana Rp51 miliar tersebut diambil dari APBD tahun 2020 Kota Banjarmasin dengan mengalihkan sejumlah item di antaranya alokasi dana beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan dana Sekretariat DPRD Banjarmasin.

Hari berharap penanganan Covid-19 bisa dilakukan maksimal, mengingat wabah ini sudah sangat berdampak pada ekonomi dan sosial.

“Untuk itu kita harap Gugus Tugas benar-benar memaksimalkan anggaran yang ada sebagai langkah penanganan. Karena kita tidak tahu sampai kapan wabah ini berakhir. Sementara anggaran yang sudah direlokasikan hanya diperuntukkan sampai dengan tiga bulan saja,” tutur politisi Gerindra ini.

Hari juga meminta masyarakat agar mematuhi imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ini.

“Kalau memang harus keluar rumah, gunakan masker dan cuci tangan. Kita menjaga kebersihan dan kesehatan kita. Karena menanggulangi ini perlu kesadaran kita semua,” ujarnya.

Di samping itu Hari menyampaikan dana Rp1 miliar yang digelontorkan kepada setiap kecamatan untuk penanganan dapat dimaksimalkan dengan baik mencegah virus ini menyebar luas.

“Kecamatan bisa memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar mematuhi apa yang sudah dianjurkan pemerintah. Gunakan semaksimal mungkin dana itu dengan kebijakan konkrit mencegah virus ini,” tandasnya.

Penulis: Fanie

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed