DPRD Harapkan Disdukcapil Miliki Aplikasi Daring Daftar Antrian

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read

Banjarmasin,BARITO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin mengharapkan agar pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat membuat terobosan baru yaitu aplikasi daring daftar antri untuk mengatasi penumpukan antrian pelayanan di kantor tersebut.

Demikian disampaikan Ketua Komisi I DPRD Banjarmasin, Suyato ketika usai melakukan kunjungan kerja ke Kantor Disdukcapil di Jalan Sultan Adam kemarin.

Menurutnya, saat  melakukan kunjungan kerja kemarin ke pelayanan Disdukcapil, terlihat warga mengantri cukup banyak untuk minta pelayanan di kantor tersebut.

“Saat kita memantau langsung proses pelayanan di Disdukcapil, banyak antrean warga, karena sistem pengambilan daftar antri masih secara manual, jadi menumpuklah di sana, baiknya ada dibuat aplikasi online/daring daftar antri, hingga warga tidak perlu berlama-lama antri di sana,” katanya.

Sahingga apabila aflikasi tersebut diberlakukan oleh Disdukcapil, sehingga warga sudah dari rumah terkait nomor antriannya berapa dan dilayani jam berapa, ini bisa lebih mengatasi antrian di loket pelayanan.

“Dan kita menyarankan juga loket pelayanan ditambah, dari delapan menjadi 15 loket pelayanan, sehingga semua proses cepat,” tambahnya.

Apalagi jelang Pilkada ini, ujarnya pastinya permohonan membuat KTP elektronik (KTP-el) akan sangat meningkat, perlu trobosan untuk memberikan pelayanan prima.

Pihaknya di dewan memaklumi, ucap Awi SDM di instansi tersebut terbatas, sehingga untuk memaksimalkan pelayanan, mengambil tenaga outsourcing untuk ditempatkan di posisi petugas loket.

Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin, Khairul Saleh mengungkapkan setuju terkait saran dibuatnya aplikasi daring antri pelayanan, hingga akan merealisasikannya secepatnya.

“Saran pihak dewan itu bagus, kita akan buat nanti itu, sehingga masyarakat bisa kapan saja untuk menghubungi kita, mau hari Kamis atau Jumat misalnya baru bisa, kita layani,” lanjutnya.

“Ini untuk pelayanan semua, tidak hanya pembuatan KTP-el, tapi juga urusan lainnya, seperti KIA, akta kelahiran dan lainnya,” ucap Khairul Saleh.

Terkait pelayanan pembuatan KTP-el, Khairul Saleh menyatakan saat ini pelayanan KTP cukup bagus. Jika datanya lengkap cukup lima menit prosesnya sudah selesai.

Dalam pelayanan KTP, tambah dia pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan prima.
“Alhamdulillah, dalam soal pelayanan KTP kita sudah mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat. Dan terbaik se Indonesia,” ujarnya.

Penulis: Fani

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment