oleh

Dispora Kalsel Usulkan Porprov Diundur

Banjarmasin, BARITO – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel mengusulkan penundaan perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI di Hulu Sungai Selatan (HSS). Pertimbangannya, pandemi corona dan pengeseran pelaksanaan PON XX Papua.

Penyebaran Covid-19 yang belum mereda, membuat jadwal PON 2020 diundur tahun depan (2021). Kondisi itu juga berdampak pada Porprov XI 2021 di Hulu Sungai Selatan (HSS) yang diusulkan perhelatannya pada 2022.

“Kalau Porprov tidak diundur, bisa bertepatan dengan PON yang mengalami penundaan di bulan Oktober 2021,” ungkap Kabid Peningkatan Prestasi Dispora Kalsel, M Fitrihernadi, kemarin di Banjarmasin.

Untuk itu, lanjutnya, Dispora Kalsel telah melayangkan surat permohonan penundaan Porprov XI di HSS ke KONI Kalsel dengan surat bernomor 42 6/17 12-mprs. 2/dispora dan ditandatangani Kadispora Kalsel Hermansyah.

“Dalam permohonan itu, Dispora Kalsel mengajukan pertimbangan pelaksanaan Porprov XI 2021 dengan memperhatikan penyebaran corona dan pengunduran PON XX,” terangnya.

Pertimbangan lain, sambungnya, Covid-19 juga mempengaruhi penyerapan anggaran pada APBD provinsi Kalsel, APBD Kabupaten HSS dan penyiapan venue Porprov IX di Kandangan.

“Sehubungan dengan ini, kiranya KONI Kalsel membahasnya dalam Rapat Anggota KONI Provinsi (Rakonprov) nantinya,” tuturnya.

Sampai saat ini, ditambahkannya, Kejurprov yang mestinya dilaksanakan oleh cabor sebagai prasyarat untuk mengikuti Porprov belum bisa dilaksanakan oleh Pengrpov Cabor.

Apabila ternyata akhir tahun bisa dilaksanakan, anggarannya pun sudah dirasionalisasi untuk penanganan covid-19.

“Kemungkinan cabor yang bisa melaksanakan Kejurprov tidak sampai 10 cabor pada tahun ini. Cabor lainnya diperkirakan tahun depan sebagi persiapan Porprov XI di HSS,” ujar dia.

Rakonprov sendiri rencana April, tapi terkendala wabah covid-19 dan harus mengikuti protokol pencegahan covid-19.

“Semoga KONI Kalsel memiliki mekabisme agar secepatnya mengambil keputusan pengunduran jadwal Porprov XI di HSS,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Ketua KONI Kalsel Bambang Heri Purnama mengakui sudah menerima surat permohonan pengunduran jadwal Porprov XI di HSS.

“Kemungkinan besar Porprov juga diundur karena waktunya bertepatan dengan PON. Kita ingin lebih fokus dulu menghadapi PON 2021,” imbuhnya.

Penulis: Tolah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed