oleh

Dispora Kalsel Seleksi Pepelingasih Menuju Tingkat Nasional

Banjarmasin, BARITO – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel menggelar seleksi Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih). Ajang penjaringan tersebut sebagai persiapan menuju tingkat nasional yang dilaksanakan Juli 2020 di Tabanan, Bali.

“Sebanyak 52 peserta se Kalsel yang mengikuti seleksi Pepelingasih dengan menghadirkan para dewan juri,” ungkap penitia pelaksana Muhammad Nashir (Kasi Peningkatan Kreativitas dan Kapasitas Pemuda Dispora Kalsel) mewakili Yuyu Rahmat Mulyana (Kabid Pembudayaan Pemuda Dispora Kalsel), kemarin malam di Hotel Rodhita Banjarmasin.

Dewan juri dalam seleksi Pepelingasih ini, lanjutnya, terdiri Walhi, Sahabat Bekantan, Kaukus Peduli Lingkungan, Badan Lingkungan Hidup. “Dari seluruh peserta, nantinya akan dipilih dua peserta terbaik untuk mengikuti tingkat nasional di Bali,” sebutnya.

Sementara itu, Kadispora Kalsel Hermansyah mengharapkan, kegiatan seleksi ini akan menghasikan pemuda peduli Kalsel terbaik. “Mereka kelak sebagai motor dan penggerak peduli lingkungan bersih dan menjadi kebangkitan pemuda Kalsel yang akan menjadikan Kalsel bersih dan sehat,” tutur Hermansyah.

Bagi yang lolos seleksi, juga kiranya menoregkan prestasi dengan mengharumkan Kalsel di level nasional. “Selama ini mereka memang aktif dibidang lingkungan dan merupakan duta lingkungan di kabupaten dan kotanya masing-masing. Diantaranya berkecimpung di bank sampah,” ucapnya.

Seluruh peserta, melakukan persentasi dan mengeksplor kemampuannya di hadapan para dewan juri. “Dari mereka diharapkan melahirkan ide-ide baru atau konservasi dalam mengelola lingkungan. Bagi yang tidak terpilih,
Dispora akan tetap berdayakan,” imbuhnya.

Penulis: Tolah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed