oleh

Dispora Kalsel Inginkan Portina Gali Potensi Olahraga Tradisional

Banjarrmasin, BARITO – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel mensupport Rapat Koordinasi Portina Kalsel. Sebagai induk organisasi olahraga tradisional, diharapkan mampu menggali potensi agar mampu bersaing di level nasional, Selasa (24/11) di Hotel TreePark Banjarmasin.

Dalam rapat koordinasi yang dibuka langsung Kadispora Kalsel H Hermansyah ini, juga dilakukan pelantikan pengurus Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Kalsel yang diketuai Agus Febrianto.

Menandai eksistensi Portina Kalsel itu, diharapkan mampu menyusun program pembinaan olahraga tradisional di daerah yang berada di bawah naungan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat (Kormi) Kalsel.

“Hari ini saya telah membuka Rakor Portina Kalsel yang dilaksanakan selama dua dengan harapan tersusun program pembinaan olahraga tradisonal yang lebih baik lagi. Kita inginkan Portina Kalsel juga dapat menggali potensi agar mampu lebih bersaing lagi di level nasional,” kata Kadispora Kalsel, H Hermansyah yang didampingi Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel dan Budiono selaku Kasi Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel.

Selain itu, lanjutnya, tugas Portina Kalsel kedepan diibaratkan ‘mengangkat batang terandam’ jadi harus bekerja keras dengan program yang dapat mengajak masyarakat untuk membudayakan olahraga.

Adapun harapan lain, kedepan Portina bisa menggelar sebuah kejuaraan berkelas nasional di Kalsel dan selaku pendukung Pemprov Kalsel khususnya Dispora selalu siap membantu.

“Kalau bisa kedepan ada kejuaraan seperti Pekan Olahraga Tradisional di daerah ini, supaya gairah terhadap olahraga tradisional lebih meningkat lagi,” ucapnya.

Menyikapi hal ini, Ketua Portina Kalsel Agus Febrianto mengatakan, pihaknya menyambut hal tersebut dengan baik, dan akan segera disusun program agar Portina lebih berkembang lagi.

“Terlebih dahulu kita harus mengembangkan olahraga tradisional disetiap daerah, untuk kemudian melangkah kesebuah kejuaraa seperti halnya pekan olahraga tradisional,” tuturnya.

Untuk itu, melalui Rakor kali ini kiranya muncul saran yang dapat mengembangkan Portina di Kalsel serta kabupaten kota karena hal itu menjadi cikal bakal kemajuan olahraga tradisional di daerah.

“Olahraga tradisional itu dinilai memiliki prestasi bagus, maka dari itu harus kita kembangkan terus dan sasarannya di kabupaten dan kota,” terangnya.

Penulis: Tolah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed