oleh

Dispora dan PUPR Pastikan Keberlangsungan Pembangunan Stadion 17 Mei

Banjarmasin, BARITO – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DisPUPR) memastikan keberlangsungan pembangunan Stadion 17 Mei Banjarmasin hingga rampung sebelum akhir tahun 2019 ini.

Kepastian dari dua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel itu disampaikan dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi IV DPRD Kalsel, Senin (4/11) di Banjarmasin.

Selain mendapatkan kepastian penyelesaian pembangunan Stadion 17 Mei tersebut, komisi membidangi olahraga ini juga ingin memperoleh penjelasan rinci terkait alokasi anggaran lanjutan di tahun 2020 senilai Rp49 miliar.

Kepala Dinas PUPR Kalsel Roy Rizal Anwar menyebutkan, pembangunan Stadion 17 Mei akan dilakukan bertahap selama tiga tahun dengan dana dari APBD Kalsel senilai Rp125 miliar lebih.

Roy Rizal Anwar merinci tahap pertama ini renovasi sedang berjalan untuk membangun struktur, tiang dan atap tribun VVIP berlantai dua senilai Rp12 miliar lebih yang ditarget rampung sebelum akhir tahun ini. Kemudian dana senilai Rp49 miliar di tahun 2020 dialokasikan untuk pengerjaan lanjutan penyelesaian bangunan tribun VVIP, tribun sayap kiri dan kanan serta rehabilitasi lapangan stadion. Selanjutnya direncanakan pembangunan tribun Inggris pada tahun 2021 dengan total anggaran yang dibutuhkan dalam 2 tahun tersisa sekitar Rp112 miliar lebih.

“Renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin ini prioritas gubernur. Sehingga renovasi dilakukan total mengakomodir keinginan masyarakat dan pecinta sepekbola banua,” kata Roy Rizali Anwar usai rapat bersama Komisi IV DPRD Kalsel.

Senada Kadispora Kalsel Hermansyah memastikan renovasi tahap pertama ini dapat diselesaikan sebelum tanggal 23 Desember 2019.

Setelah selesai renovasi nanti, kapasitas stadion bertambah lebih banyak dari sebelumnya. Seperti tribun VVIP sebanyak 953 kursi biasa dan 96 kursi mewah. Kemudian kapasitas tribun VIP sayap kiri dan kanan menjadi 2.852 kursi. Sehingga total kapasitas ketiganya menjadi 3.900 kursi.

Sedangkan tribun Inggris, imbuhnya, direncanakan berkapasitas 4.132 kursi dilengkapi fasilitas pendukung, seperti toilet, ruang kesehatan, mushalla dan ruang tiket. “Diwacanakan rehabilitasi stadion ini juga menyasar hingga fasilitas parkir yang refresentatif,” bebernya.

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel HM Lutfi Saifuddin menyatakan pihaknya mendukung apa saja yang telah direncanakan pemerintah daerah, terlebih untuk pengembangan Stadion 17 Mei Banjarmasin. Namun pihaknya di Komisi IV ingin memastikan rencana pembangunan stadion itu oleh eksekutif berjalan sesuai yang sudah ditetapkan. “Hal ini berkaitan dengan anggaran pembangunan tersebut,” ucapnya.

Penulis: Sopian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed