oleh

Dialog Banua SERIES #1 Sumber Daya Infastruktur Dukung Pembangunan IKN

Banjarmasin,  BARITO – Semua gagasan dan saran serta masukan akan tertuang dalam rekomendasi dalam Dialog Banua SERIES #1 dengan tema ‘Penyampaian Sumber Daya Dalam Pembangunan Infrastruktur Guna Mendukung Pembangunan IKN’.

Ketua Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Kalimantan Selatan H Syamsul Arivin mengungkapkan, pihaknya ikut berkiprah  memikirkan kemajuan banua, sehingga tidak ketinggalan dengan provinsi tetangga. “Melalui Dialog Banua SERIES #1 memunculkan rekomendasi untuk pemerintah daerah dan masyarakat, khususnya di bidang industri konstruksi dengan kerjasama dan kolaborasi organisasi perusahaan serta profesi,” ujar H Syamsul Arifin sekaligus membuka Dialog Banua #1 EARLY WARNING Manfaat Pemindahan IKN ke Kalimantan Timur bagi Masyarakat dan Industri Konstruksi Kalimantan Selatan, di Hotel Mercure, Kamis (17/9/2020).

Menurutnya, pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur berdampak signifikan terhadap Kalimantan Selatan. “Ya, kita antisipasi dan persiapkan agar daerah kita tidak menjadi yang terkepinggirkan seperti halnya warga Betawi di DKI Jakarta,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Nanda Febrian Pratamajaya mengatakan, inisiasi besar untuk perlu kompak dan bersatu organisasi profesi, organisasi badan usaha bidang jasa konstruksi di Kaliamantan Selatan. “Jadi kita perlu dialog banua agar kita mengetahui EARLY WARNING apa saja dalam pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur bagi masyarakat dan industri konstruksi,” ucap Nanda Febrian yang juga Ketua Intakindo Kalsel.

Terpenting, sambungnya, hal positif adalah pemindahan IKN tidak hanya menguntungkan Kalimantan Timur, namun juga menguntungkan Kalimantan Selatan, Tengah, Utara, dan Barat, sebagai provinsi tetangga. “Jadi kalau kita kompak maka asosiasi perusahan dan badan usaha industri konstruksi ini bisa menangkap peluang, apakah kita sudah siap untuk ikut serta dalam pembangunan IKN,” katanya.

Kegiatan itu didukung Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo), Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (Intakindo), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia  (HAKI), Persatuan Konsultan Indonesia (Perkindo), Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia  (HPJI), -Ikatan Ahli Perencanaan (IAP). Hadir sebagai pembicara Prof Dr Ir Agus Taufik Mulyono MT Guru Besar UGM dan Pakar Masyarakat Perkereta Apian,  Dr Ir Max H Pohan ex. Deputi Pengembangan Bappenas, Tri Ahmadi Pakar Transportasi Laut, H Ibnu Sina Walikota Banjarmasin, H Rifqinizamy Karsayuda Komisi V DPR RI,  Ir H Fajar Desira Bappeda Kalsel, Dr Taufik Arbain Pakar Kebijakan Publik, serta sejumlah undangan.

Akhir acara diberikan door prize seperti printer dan sepeda kepada para peserta yang hadir di zoom meeting.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed