oleh

Di Tengah Pandemi, Penerimaan Pajak Kalselteng Meleset dari Target

Banjarmasin, BARITO – Penerimaan pajak yang dihimpun Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Selatan dan Tengah (DJP Kalselteng), sampai dengan 31 Desember 2020, mencapai 95,41% atau sebesar Rp12.273 triliun dari target Rp12.863 triliun.

Kendati sedikit meleset dari target, menurut Kepala Kantor Wilayah DJP Kalimantan Selatan dan Tengah (Kanwil DJP Kalselteng), Cucu Supriatna, penerimaan pajak Kalselteng di atas 6,08% dari capaian penerimaan nasional.
Penerimaan pajak Kanwil DJP Kalselteng juga mengalami pertumbuhan netto sebesar -15,11% dari capaian penerimaan tahun sebelumnya. ‘’Berdasarkan realisasi tersebut Kanwil DJP Kalselteng menempati posisi ke-13 dari 34 Kanwil DJP se Indonesia,’’ ujarnya.

Di tengah kondisi yang penuh tantangan, yaitu adanya pandemi Covid-19, menurut Cucu, Kanwil DJP Kalselteng berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memenuhi target penerimaan.
Dikatakan, capaian penerimaan untuk wilayah Kalselteng didominasi oleh sektor pertambangan dan penggalian, sektor perdagangan besar, eceran reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor,serta sektor pertanian,kehutanan dan perikanan.

Adapun dari segi penyampaian SPT Tahunan, terang Cucu, wajib pajak yang telah lapor pada tahun 2020 sebanyak 457.431 SPT atau capaian rasio sebesar 101,34% dari target 451.395 SPT.

‘’Di awal tahun 2021 ini kami mengingatkan kembali kepada wajib pajak untuk segera menjalankan kewajiban pelaporan SPT Tahunan secara tepat waktu melalui e-Filingdi laman www.pajak.go.id,’’ ujarnya.

Cucu juga mengatakan, Kanwil DJP Kalselteng telah memperoleh predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi. ‘’Ini sebagai komitmen kami untuk memberikan pelayanan prima kepada pemangku kepentingan dengan penuh integritas dan memperhatikan prinsip profesionalisme,’’ ucapnya.

Cucu Supriatna berkomitmen untuk meningkatkan kinerja Kanwil DJP Kalselteng di tahun 2021, dengan mengoptimalkan pemanfaatan data dan informasi, memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait.
‘’Untuk itu sangat diharapkan dukungan dan doa dari semua pihak agar Kanwil DJP Kalselteng dapat mencapai penerimaan pajak di tahun 2021, mengingat situasi pandemi Covid-19 bukanlah tantangan yang mudah,’’ ujarnya.

Rilis
Editor: Dadang Yulistya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed