oleh

Dewan Serentak ke Luar Daerah tak Langgar Kesepakatan Banmus

H Supian HK

Banjarmasin, BARITO – Kunjungan kerja ke luar daerah yang serentak dilaksanakan empat komisi di DPRD Kalimantan Selatan mulai 7 hingga 9 November, kegiatan itu dinyatakan tidak melanggar kesepakatan di rapat Badan Musyawarah (Banmus) sebelumnya, meski pun Banmus sudah memutuskan gedung DPRD Kalsel tidak boleh kosong dari aktifitas anggota dewan, namun kunker wakil rakyat serentak itu karena berbarengan ada dua fraksi yang harus menghadiri acara partainya.

Penjelasan ini disampaikan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK kepada wartawan, Jumat (8/11/2019) via telepon.

Disebutkan Supian HK, hasil rapat Banmus sebelumnya memang sudah menyepakati bahwa di DPRD Kalsel tidak ada kosong harus ada fraksi yang stand by disaat ada kegiatan dewan ke luar daerah. Namun berbarengan ada dua fraksi yang kebetulan ada tugas partainya, mau tidak mau dua fraksi itu harus menghadiri kegiatan partainya.

“Kebetulan ada tugas partai, dua fraksi di DPRD Kalsel harus menghadiri acara partainya,” ujar Supian HK tak merinci fraksi mana.

Sementara di Banmus juga dijadwalkan kegiatan komisi-komisi kunjungan kerja ke luar daerah, tukasnya, sehingga berbarengan kunker empat komisi itu dengan dua fraksi yang harus menghadiri acara partainya.

“Seharusnya yang berada ditempat itu ketua dewan, tapi kebetulan saya selaku ketua dewan harus menghadiri kegiatan mauliddurasul, sehingga tidak berada ditempat, tapi Senin depan sudah kembali aktif di dewan,” terangnya.

Karena dewan kosong, imbuh politisi Golkar ini, saya sebagai ketua dewan menyayangkan juga keberangkatan serentak ini, tapi setelah dicek di dalam agenda di Banmus, itu memang kebetulan berbarengan ada kegiatan fraksi menghadiri acara partainya.

“Jadi itu bukan melanggar kesepakatan di Banmus, tapi kebetulan berbarengan ada dua fraksi menghadiri acara partainya,” tandas Supian HK.

Soal ketidakhadirannya di dewan, Supian HK membeberkan, ada acara di daerah pemilihan (dapil) nya di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara, yaitu menghadiri mauliddurasul, sehingga tidak berada ditempat, bahkan tadi malam (malam jumat, red) juga hadir di acara serupa di

Masjid Sabilal Muhtadin dan siang ini (Jumat, red) di Masjid Sirajul Umah di Danau Panggang.

Terpisah Sekretaris DPRD Kalsel HAM Rozaniansyah kepada wartawan, Jumat (8/11/2019) di Banjarmasin menyampaikan sepinya gedung dewan karena adanya kunjungan kerja empat komisi ke luar daerah, sementara ketua dewan juga ada kegiatan di Dapilnya Kabupaten HSU.

Nunung sapaan karib sekwan menuturkan, keempat komisi yang melaksanakan kunker ke luar daerah ini juga didampingi pimpinan dewan, tapi ketua dewan tidak ikut karena ada kegiatan di Dapilnya Kabupaten HSU.

“Ketua Dewan ada kegiatan di dapilnya, tapi pimpinan dewan lainnya mendampingi komisi,” ujar Nunung.

Kegiatan kunker empat komisi ini berbarengan ada fraksi yang menghadiri acara partainya, seperti Nasdem dan Gerindra, sementara ketua dewan sudah titip pesan tidak mengikuti kegiatan komisi-komisi, karena ada kegiatan di dapilnya, terang Nunung.

 

penulis : sopian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed