oleh

Dandim 1007/Bjm Buka Baksos dan KB Kes untuk Kesejahteraan Masyarakat

TENSI DARAH-Istri Dandim 1007/Banjarmasin Yusnia Revawati Anggara Situmpul saat memeriksa tensi darah kepada petugas kesehatan pada Bakti Sosial (Baksos)  dan KB Kesehatan dalam rangka Pembinaan Terpadu (Binter) Terpadu Kodim 1007/ Bjm TA 2019, Sabtu (16/11/2019) pagi, di halaman Koramil Bjm Selatan. (foto:sum/brt)

 

Banjarmasin, BARITO

Komandan Kodim 1007/Banjarmasin Kol Infantri Anggara Sitompul secara resmi membuka Bakti Sosial (Baksos)  dan KB Kesehatan dalam rangka Pembinaan Terpadu (Binter) Terpadu Kodim 1007/ Bjm TA 2019, Sabtu (16/11/2019) pagi. Bertempat di halaman Koramil Bjm Selatan, kegiatan itu dihadiri Wali Kota setempat Ibnu Sina dan Kalak BPBD M Hilmi serta Kapolsek Selatan AKP H Idit Aditya.

“Jadi Baksos dan KB  Kes itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjalin kemanunggalan dengan warga sekitar,”sebutnya usai meninjau Bazar Murah dan Donor Darah. Didampingi istrinya Yusnia Revawati, dandim 107/Banjarmasin  menambahkan, kegiatan itu sebenarnya  sudah laksanakan sejak minggu pertama Nopember hingga sekarang.

Adapun yang dilaksanakan dalam Binter Terpadu itu yakni, bedah rumah, bersih-bersih sungai dan pembinaan kepramukaan juga penyuluhan pertanian dan peternakan. Termasuk juga sosialisasi anti radikalisme dan wawasan kebangsaan. Dia menyampaikan terima kasih atas bantuan kegiatan itu dibantu instassi pemerintah dan swasta. “Puncak kegiatan Binter itu juga serentak di seluruh daerah lainnya,”beber Anggara.

Terkait kenapa dilaksanakan sosialisasi anti Waspada terhadapa paham radikal, dia menyatakan akhir-akhir ini banyak gejolak, seperti sikap intoleransi yang berkembang, termasuk di Kota Banjarmasin. Karena hal itu dapat memecah persatuan dan kesatuan RI, untuk itulah Anggara mengimbau agar  kegiata itu hendaknya dapat diikuti semua lapisan masyarakat.

Menurut Dandim 1007/Banjarmasin ini Tujuan Baksos dan KB Kesehatan ini merupakan bagian dari kegiatan Binter terpadu. Karena ada bermacam-macam metode bakti TNI, ada Pembinaan Ketahanan Budaya dan Komunikasi Sosial  (Komsos)

“Tiga metode ini digabungkan dalam bentuk kegiatan asistensi seperti bedah rumah, bersih-bersih sungai penyuluhan perikanan dan pertanian. Kemudian ada bentuk non fisik yaitu sosialisasi wawasan kebangsaan kemudian pencegahan radikalisme dan termasuk kegiatan hari ini itu juga bagian dari Binter terpadu,”ungkap Kol Inf Anggara Sitompul.

Tujuannya acara itu untuk membantu pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus untuk meningkatkan ketahanan masyarakat, dalam hal wawasan kebangsaan. Kemudian menghadapi segala isu radikalisme ini tujuannya yang paling utama membertahankan persatuan dan kesatuan serta kemanunggalan TNI tetap terjalin.

Semua kegiatan ini itu ada di lima kecamatan di Banjarmasin, untuk  bedah rumah itu ada di Banjarmasin Timur dan Utara. Kemudian bersih-bersih sungai itu di Banjarmasin Tengah.”Kebetulan pelayanan kesehatan kita pilih Banjarmasin Selatan,  karena masyarakatnya banyak  golongan menengah ke bawah,”terangnya.

Dia  menyatakan giat Binter Terpadu itu supaya dalam mempertahankan suatu kedaulatan wilayah memelihara persatuan. “Kalau sudah cinta otomatis ketika kita saying dan pelihara  terhadap suatu barang itu. Kita juga memeliharanya kepada masyarakat begitu juga kita semua cinta terhadap bangsa dan negara apa saja yang berkorban untuk membela Negara,”pungkas Anggara.

Arsuma

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed