oleh

Caleg NasDem Protes Baliho Dirusak, Bawaslu Mengaku Belum Terima Laporan

Banjarmasin, BARITO – Baliho Caleg Partai NasDem HA Zainuddin Djahrie diduga dirusak oleh orang tak dikenal. Pasalnya, dari pemeriksaan di lapangan, tampak kondisi robek yang disengaja, sehingga kuat dugaan baliho memang dirusak, khusus bagian wajah.

“Kami mendapat laporan dari tim relawan bahwa baliho saya di simpang empat Sungai Andai Banjarmasin Utara dirusak. Ya awalnya kami kira waktu itu ada hujan dan angin kencang. Namun ternyata setelah diteliti bukan akibat faktor alam, melainkan unsure kesengajaan dari oknum yang tidak bertanggung jawab dalam perusakan itu,” ujar HA Zainuddin Djahrie kepada wartawan, Selasa (15/1/2019).

Ia berharap Bawaslu Kota Banjarmasin mengambil langkah untuk menindak lanjuti persoalan tersebut. “Agar tidak ada kecurigaan antara satu dengan yang lainnya, sebaiknya Bawaslu langsung turun ke lapangan. Sebab tidak hanya baliho caleg NasDem saja yang dirusak namun caleg parpol lain pun turut dirusak pula,” beber Ketua DPD Partai NasDem Kota Banjarmasin ini.

Untuk menjaga suasana kondusif dalam pileg dan pilpres 2019 ini, sambung mantan Ketua BPC Gapensi ini, maka aparat terkait segera turun tangan. “Saya kira jika ada pengrusakan, apakah laporan tertulis dan lisan,  segera ditindak lanjuti dan proaktif untuk penangan selanjutnya,” ungkap mantan Calon Wakil Walikota Banjarmasin ini.

Zainuddin pun menegaskan tidak akan mengganti baliho yang dirusak sebagai barang bukti, sampai ada tindakan dari aparat terkait. “Saya kira hal ini sebuah pembelajaran, apalagi Bawaslu memiliki anggaran untuk pengawasan, tentu harus diimplementasikan agar tidak ada curiga mencurigai antara sesama caleg dan peserta pemilu. Ya kami berbaik sangka saja agar tidak ada pendzaliman,” kata pengusaha konstruksi ini.

Apalagi sesungguhnya, ucap Zainuddin, di simpang 4 lampu merah Sungai Andai Banjarmasin terpasang CCTV milik dinas perhubungan, tentu akan lebih mudah mengetahui siapa perusak baliho di kawasan tersebut.

Senada itu, politisi Partai NasDem lainnya Hj Helda Larasaty mengaku prihatin dengan pengrusakan baliho para caleg, termasuk caleg NasDem dan caleg parpol lainnya. Pasalnya, mencederai pesta demokrasi yang berlangsung lima tahun sekali. “Kalau saya berprasangka baik saja, dengan kerusakan baliho caleg,” tutur Caleg DPRD Kalsel untuk Dapil Kota Banjarmasin ini.

Ia pun mengajak untuk berkompetisi dengan baik dan santun dalam pesta demokrasi. “Aparat terkait bisa menyelidiki pengrusakan baliho itu. Apa karena faktor alam seperti hujan dan angin kencang, atau memang disengaja. Saya kira kita membutuhkan suasana kondusif di pesta Pemilu 2019 ini,” imbuh pengusaha senior ini.

Politisi Perindo Dr H Abdul Hakim menyangkan adanya pengrusakan APK parpol, sebab muncul saling curiga. “Saya kira tindakan moral yang merusak APK kurang bagus,” katanya.

Advokat ternama ini mengajak para caleg semua parpol untuk menjaga semua APK yang mereka pasang, sehingga memudahkan pengawasan yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Di tempat terpisah, Divisi Penindakan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin Subhani mengatakan, pihaknya masih belum menerima laporan pengurusakan alat peraga kampanye (APK) di Sungai Andai Banjarmasin. Namun, pihaknya akan segera turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan. “Kami belum menerima laporan sampai saat ini,” tandasnya.

Subhani mengungkapkan, pemasangan APK harus sesuai dengan  aturan KPU, seperti 10 spanduk dan 5 baliho setiap kelurahan. ‘Nah, apakah APK yang dirusak itu termasuk APK tambahan atau tidak, tentu kami akan berkoordinasi juga dengan parpol,” bebernya.

Personil Bawaslu Kota Banjarmasin, tambah Subhani segera mengecek ke lapangan, agar pengrusakan APK dapat teratasi.

Berdasarkan pantauan dan informasi yang terhimpun, terdapat beberapa baliho caleg yang diduga dirusak, bahkan hilang seperti milik caleg Golkar, caleg Gerindra, dan caleg NasDem serta caleg parpol lainnya. (afdi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed