oleh

BPK Perusahaan Sawit Terjebak Karhutla

Banjarbaru, BARITO – Enam anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dari perusahaan sawit yang membantu kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjebak kepungan api di perbatasan Kecamatan Rantau Badauh dan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala (Batola),  Rabu (21/8).
“Alhamdulillah sudah kita evakuasi enam personel BPK itu,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, Wahyudin, Rabu (21/8).

Dikatakan,  asal mula petugas terkepung api yaitu ketika mereka sedang memadamkan kebakaran lahan yang luas di areal sekitar perkebunan kelapa sawit di perbatasan Rantau Badauh dan Jejangkit seperti biasa.

Pada saat itu angin bertiup kencang. Sehingga membuat api menutup akses jalan petugas dengan cepat. Hal itu membuat petugas kesulitan untuk keluar. Upaya penyelamatan melibatkan satu unit heli water bombing yang bergerak dari arah barat ke timur, ke lokasi titik api yang berkobar di seputaran perkebunan kelapa sawit.

“Jadi, kami minta heli yang  tengah bertugas di daerah lain menuju ke lokasi untuk memadamkan api, sehingga bisa membuat jalan akses keluar bagi keenam relawan BPK ini,” jelasnya.

Dikatan juga, Dinas Kesehatan Kalsel menawarkan  jasa untuk memeriksa petugas karhutla satu per satu, namun lantaran padatnya kegiatan, hal itu belum bias dilakukan.

tya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed