oleh

Berlakukan Potong Gaji Kader Untuk Bencana

Pelaihari,BARITO – Pada Kecamatan Kurau, banjir belum benar-benar terlihat surut. Ketinggian berkisar 15 sampai 20 cm. kondisi banjir di Kecamatan Kurau pun mendapat atensi dari Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani.

Rabu, (27/1) kemarin, Ahmad Muzani disambut bupati Tala H.M.Sukamta, Dandim 1009 Pelaihari Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, Camat Kurau Anang Fandi dan Camat Bumi Makmur Sahdianoor, serta Kalak BPBD Tala M.Kusri serta Kapolsek Kurau Ipda Darso di Desa Kurau. Juga wakil ketua DPRD Tala Drs.H.Atmari dan beberapa wakil rakyat dari provinsi Kalsel yang separtai dengan Amhad Muzani.

Sebelum proses simbolis penyerahan bantuan dari wakil ketua MPR RI yang juga dari partai besutan Prabowo Subianto ini, Bupati Tala H.M.Sukamta menceritakan kronologis banjir datang hingga pada puncaknya banjir, berikut dengan upaya-upaya evakuasi kepada warga di Kecamatan Kurau.

“34 tahun berdomisili di Kabupaten Tanah Laut, baru kali ini banjir yang sangat parah, utamanya di Kecamatan Kurau dan Bumi Makmur,”kata Sukamta.

Sukamta juga menyampaikan atas kerusakan infrastruktur akibat banjir, baik pada bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan perkebunan, keagamaan sampai kepada kepariwisataan yang ikut terdampak.

“Sampai-sampai ribuan ekor ternak Itik di Kecamatan Kurau ini pun jumlahnya lebih dari seribu ekor hilang tidak pulang-pulang,”kata Sukamta.

Ahmad Murzani pun memberikan support kepada warga yang menjadi korban banjir.

Dihadapan warga Muzani mengatakan, apa yang dirasakan warga disini juga dirasakan oleh wakil-wakil rakyat di Jakarta, itu makanya secara internal meminta semua kader-kadernya untuk peduli terhadap warga yang menjadi korban banjir dengan cara potong gaji mereka untuk bencana kepedulian terhadap sejumlah bencana di tanah air, ujarnya.

Dalam keterangan persnya Muzani mengatakan, wakil rakyat di Jakarta akan terus bergerak kedaerah lain memberikan bantuan losgistik seperti gempa di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.

“Yang disampaikan bupati Tala khususnya terhadap kerusakan infrastruktur jelas akan disampaikan kepada komisi-komisi terkait dan hal ini patut diperhatikan,”ucap Muzani.

Warga yang terdampak banjir pun sangat senang adanya bantuan dari wakil ketua MPR RI tersebut. Tercacat ada 2 truk berisikan sembako disalurkan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Kurau berupa sembako, obat-obatan dan perlengkapan bayi.

Baik Ahmad Muzani dan Sukamta melakukan peninjauan menggunakan Speed Boat milik Sat Pol Air Polres Tala pada lokasi desa yang masih terendam, yakni Desa Kali Besar dan Desa Handil Negara.

Melalui jalur sungai ini dapat terlihat hamparan sawah yang rusak dan rumah warga, tempat ibadah, sarana pendidikan pada kedua desa yang masih terendam air dengan ketinggian antara 15 sampai 20 cm.

Penulis: Basuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed