oleh

Berkas Laporan Kegiatan Cabor Koni Ditelisik

Pelaihari,BARITO – Terhadap semua kegiatan yang telah dijalankan Cabang Olahraga (Cabor) dibawah naungan KONI Tala tahun 2020 dan dituangkan dalam laporan pertanggung jawaban cabor Kamis, (7/1) ditelisik Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tala.

Rudi Imtihansyah kabid Olahraga pada Dispora Tala mengatakan, seyogianya pada tanggal 31 Desember 2020 lalu sudah selesai semua laporan pertanggung jawaban kegiatan cabor, saat ini hanya dilakukan pengecekan atau verifikafi semua cabor, ujarnya.

“Ini merupakan tugas dan tupoksi Dispora. Karena kegiatan cabor menggunakan uang daerah, maka nanti pasti ada pemeriksaan dari BPK. Sebelum ke BPK dicros cek dulu,”ungkapnya.

Dari semua berkas laporan pertanggung jawaban cabor masih ditemukan kekurangan, akan tetapi tidak signifikan. Contohnya belum ada cabor yang melampirkan undangan kegiatan termasuk tidak pula mencantumkan tanggal kegiatannya. Sementara kalau menyangkut pengadaan barang semuanya lengkap dan disertai foto.

Ia menambahkan, ada dana hibah ke cabor. Dan setiap cabor berbeda nilainya. Dana hibah ke cabor beda itu tergntung dari prestasi, olahraga unggulan, potensial dan pembinaan. Selain itu pada Koni Tala jaga ada audit internal, maka sebelum audit internal, pengurus cabor diundang Dispora. Pendek kata laporan pertanggung jawaban cabor auditnya berlapis-lapis.

Dijelaskannya, pada tahun 2021 ini, dalam 3 bulan sekali dilakukan monitoring, kalau tahun sebelumnya selama 6 bulan sekali monitoring.

Terpisah, Ketua Harian Koni Tala Fahrianor atau biasa disapa Nonor mengatakan, Dispora Tala meminta Koni Tala agar menyerahkan laporan kegiatan cabor tahun 2020.

“Ada sebanyak 31 cabor. Memang ada catatan yang diberikan Dispora dan akan memanggil cabor yang belum lengkap laporan kegiatannya. Seperti halnya cabor menembak atau Perbakin belum bisa masuk laporan kegiatan dikarenakan baru dibentuk dan tidak mengamprah anggaran, jadi anggaran dikembalikan ke kas daerah,”katanya.

Menurut Nonor,Tindak lanjut laporan tahun ini diberikan Bimtek tentang bagaimana menysusun administrasi agar laporan kegiatan tidak ada kesalahan lagi.

Penulis: Basuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed