oleh

Belum Ada Upaya Yang Jelas, Fenomena ‘Mengolamnya’ Jalan Lambung Mangkurat

Banjarmasin, BARITO – Jalan Lambung Mangkurat di Kota Banjarmasin selalu menjadi langganan genangan air apabila diguyur hujan deras. Kondisi drainase di jalan tersebut hingga saat ini menjadi pertanyaan apakah berfungsi dengan baik.

Meskipun demikian, hingga sekarang belum ada upaya Pemerintah Kota melakukan tindakan yang signifikan agar fenemena mengolamnya jalan tersebut tidak terjadi lagi.

PUPR Kota Banjarmasin justru banyak melakukan pengerjaan proyek drainase dimedian jalan lainnya yang belum begitu penting dilaksanakan, mengingat ada drainase yang sangat membutuhkan perhatian, apalagi posisi jalan itu ada tengah kota.

Menanggapi itu Plt Kadis PUPR Kota Banjarmasin, Windi Asti Kartika, mengatakan, sejauh ini pihaknya hanya bisa melakukan upaya secara rutin membantu membersihkan saluran/drainase di kiri kanan jalan Lambung Mangkurat agar tidak tersumbat dan aliran air menjadi lancar.

Upaya itu pihaknya dengan menugaskan UPT Sungai dan Drainase yg dikerjakan oleh Pasukan Turbo.

“Kami berupaya melakukan pembersihan yang dilakukan oleh Pasukan Turbo. Itu untuk mencegah tersumbatnya aliran air,” katanya saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (15/9).

Ditanya apakah Jalan Lambung Mangkurat masuk pemetaan dalam renovasi drainase seperti yang dilakukan PUPR di berbagai titik jalan di Banjarmasin saat ini. Windi menyatakan, karena jalan tersebut berstatus jalan nasional Pemko Banjarmasin tidak bisa mengerjakan diluar wewenangnya. Sebatas itu hanya melakukan pembersihan dan perawatan saja.

Windi juga mengaku, terkait masalah tersebut pihaknya akan mengkordinasikan kepada yang berwenang menangani jalan dan drainase di Jalan Lambung Mangkurat.

“Itu jalan nasional jadi Jalan Lambung Mangkurat memang bukan wewenag PUPR Kota Banjarmasin. Nanti akan kita koordinasikan,” tutupnya.

Penulis: Hamdani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed