oleh

Bawaslu Telusuri dan Kaji Dugaan Kasus dan Pelaku Asusila Penyelenggara Pemilu

Banjarmasin,
Ramainya pemberitaan di media massa selama dua pekan terakhir ini, terhadap adanya dugaan tindak asusila terhadap anak masih di bawah umur oleh oknum yang diduga sebagai pimpinan penyelenggara pemilu di Kota Banjarmasin, membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin bergerak cepat menelusuri dan mengkaji kebenaran peristiwa tersebut.

Penelusuran dilakukan, karena ingin memastikan atau meyakinkan, apakah peristiwa tersebut memang benar-benar terjadi dan apakah pelakunya betul-betul oknum yang oleh media diberi inisial GM itu?

Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Kota Banjarmasin, Subhani SEI mengatakan hal itu saat Ngopi Bareng Wartawan pada Program Singgahi Bawaslu, Jumat (24/1) yang dihadiri pula oleh Kordiv Hukum, Humas, dan Hubal Bawaslu Kalsel Nur Kholis Majid MPd dan Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel, Teuku Dasya.
Untuk penelusuran dimaksud, ujarnya, Bawaslu Banjarmasin telah menemui dan mengkonfirmasi para komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Kamis (16/1).

Baik para komisioner maupun Sekretaris KPU Banjarmasin, mengakui bahwa Ketua mereka, memang sibuk bolak-balik ke Banjarbaru untuk urusan pribadi, sehingga perlu menunjuk Pelaksana Harian (Plh) Ketua. Dari hasil rapat pleno, terpilih Rahmiyati Wahdah sebagai Plh Ketua. Namun Plh Ketua tersebut hanya untuk tiga hari, setelah itu kembali Ketua definitif, meski yang bersangkutan menjadi kerap tidak ngantor, lantaran masih bolak-balik ke Banjarbaru itu.
Berikutnya, sambung Subhani, pada Jumat (17/1) Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, H Muhammad Yasar Lc ke Polresta Banjarbaru, diterima langsung oleh Kapolres, AKBP Doni Hadi Santoso.

Kapolresta Banjarbaru dalam keterangannya membenarkan adanya laporan yang masuk di Polresta Banjarbaru terkait  dugaan tindakan asusila yang melibatkan pejabat penyelenggara pemilu Kota Banjarmasin.

“Itu juga untuk memastikan, apakah memang benar ada dugaan kejadian pencabulan seperti yang ramai diberitakan, dan apakah ada laporan dari pihak korban dan/atau keluarganya,” timpal Koordinator Divisi Pengawasan, Rahmadiansyah SSos yang berada di samping Subhani.
Intinya, Bawaslu Kota Banjarmasin masih melakukan penelusuran dan kajian.

Dari banyak pemberitaan yang ada, dapat ditelisik bahwa inisial GM adalah yang saat ini menjabat Ketua KPU Kota Banjarmasin
Hasil penelusuran dan pengkajian, bisa saja sesegeranya akan diteruskan ke Dewan Kehormatan Penyelengggara Pemilu (DKPP).

Demikian Subhani yang juga didampingi Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Hubungan Antar-Lembaga  Bawaslu Kota Banjarmasin, Drs Munawar Khalil. []

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed