oleh

Barito Putera Dikalahkan Tim Promosi

-Home, Sport Barito-1.673 views
Pemain Barito Putera, Evan Dimas, ditempel ketat dipertandingan pertama babak 32 besar Piala Indonesia, Rabu (23/1) di Stadion Demang Lehman Martapura. (foto: net/brt)

Martapura, BARITO – Tim Barito Putera belum menemukan performa terbaiknya. Akibatnya Laskar Antasari menelan kekalahan atas PSS Sleman yang baru mendapat jatah promosi Liga 1 dengan skor 1-2 di pertandingan pertama babak 32 besar Piala Indonesia, Rabu (23/1) di Stadion Demang Lehman Martapura.

Tampil dengan pemain anyar Evan Dimas, Barito Putera harus kebobolan lebih awal lewat gol yang dilesakan Kushedya Hari Yudo di menit 18. Tim tuan ruma sempat menyamakan kedudukan hasil tendangan Samsul Arif. Namun PSS Sleman kembali mampu unggul setelah Kushedya Hari Yudo mencetak gol keduanya di menit 48.

“Permainan kita belum terlihat padu, sehingga masih perlu perbaikan dan evaluasi guna menemukan performa terbaik sebelum bergulirnya Liga 1 musim ini,” ungkap pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago, kepada wartawan usai pertandingan.

Hasilnya memang tidak memuaskan, sebutnya, tetapi pemain juga patut mendapat apresiasi karena masih dalam tahap adaptasi sesama pemain. “Kita masih ada kesempatan di pertandingan kedua di kandang PSS Sleman,” sebutnya.

Sementara itu, pelatih fisik PSS Sleman Komarudin mengungkapkan kunci kemenangan timnya di pertandingan ini. “Kemenangan ini di luar ekspektasi. Gol kedua beruntung karena pemain kami bisa memanfaatkan kesalahan pemain Barito Putera,” ujar Komarudin usai laga.

Meski demikian, Komarudin berharap kemenangan di leg pertama tak lantas membuat anak asuhnya lengah. “Leg kedua tidak boleh lengah karena pertandingan hari ini bukan Barito Putera yang sebenarnya, bukan gambaran sesungguhnya dari tim ini,” tandasnya.

Dipertandingan ini, PSS Sleman berhasil unggul lebih dulu saat laga memasuki menit 18 melalui gol pemain anyar Kushedya Hari Yudo. Berawal dari pergerakan Rangga Muslim di sisi kanan pertahanan Barito, Kusheri Yudo yang diapit dua pemain pertahanan Barito mampu unggul dan menyundul bola hingga gawang Barito Putera. Skor 0-1 untuk keunggulan PSS Sleman.
Tertinggal lebih dulu membuat Barito Putera meningkatkan tensi pertandingan. Beberapa kali anak asuh Jacksen F Tiago mendapatkan sejumlah peluang. Namun rapatnya barisan pertahanan dan ketenangan Zamzami dalam mengkomandoi barisan tengah PSS Sleman membuat pemain Barito Putera gagal mencetak gol.

Hingga akhirnya Samsul Arif sukses menyamakan kedudukan, berawal dari umpan panjang dari Paulo Sitanggang yang mampu diterima Fahmi, dengan sebuah sundulan bola dibelokan kearah Samsul Arif. Meski dua pemaian menempel ketat, namun mantan pemain Persela Lamongan tersebut sukses mengeksekusi bola dan mengubah kedudukan menjadi 1-1 di menit 33.
Skor sama kuat 1-1 bertahan hingga babak pertama usai, dan kedua tim masuk ruang ganti dengan kedudukan sama kuat.
Selapas jeda, Barito Putera yang mendapat angin segar lantaran mampu menyamakan kedudukan jelang babak pertama usai tadi langsung mencoba menekan dan meraih gol pembalik keadaan. Namun sayangnya PSS Sleman malah mampu mencetak gol lebih dulu, dan lagi-lagi Kushedya Hari Yudo menjadi momok menakutkan bagi pertahanan Barito Putera.

Berawal dari serangan balik yang dilakukan PSS Sleman pada menit ke-48, bola mengarah tepat ke kaki Kushedya Hari Yudo dan dengan sebuah sprinter cepat. Mantan pemain Kalteng Putra tersebut mengelabuhi pemain bertahan Barito Putera. Sepakan keras yang ia lepaskan tak mampu ditahan kiper Barito Putera, membuat skor berubah menjadi 1-2.
Tertinggal kembali oleh sang tamu, membuat Barito Putera meningkatkan tempo permainan terlebih laga babak kedua masih akan berjalan cukup panjang. Namun PSS Sleman yang mulai percaya diri tak mau kehilangan momen dan kerap kali melancarkan serangan. kedua tim pun saling jual beli serangan, tetapi tidak ada gol yang tercipta. Hingga peluit panjang dibunyikan, keunggulan 2-1 PSS Sleman tetap bertahan. Bagus Nirwanto dan kolega pun akhirnya keluar sebagai pemenang. Ids/tol

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed