oleh

‘Banyu Naik’ Harga Sembako Juga Ikut Naik, Berikut Daftar Harganya :

Banjarmasin, BARITO – Situasi ‘calap’ yang dihadapi warga banua termasuk Banjarmasin saat ini berimbas pada harga sembako. Harga sayuran lokal naik berlipat-lipat.

Menurut Plt Kabid Perdagangan Dinas Perdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar. Kenaikan harga sayuran lokal seperti bayam, kangkung, terung dan lainnya saat ini mengalami kenaikan hingga dua kali lipat.

Hal tersebut terjadi karena produksi sayuran dan lahan pertanian tersebut terdampak banjir. Sementara harga sayuran seperti kol, wartel dan kentang yang didatangkan dari Pulau Jawa harganya stabil karena jalur distribusi melalui Pelabuhan Trisakti

“Sayuran lokal naik hingga dua lipat, tapi tidak kol, wartel dan kentang yang didatangkan dari Pulau Jawa,” katanya saat dikonfirmasi via Whats App, Rabu (20/1).

Calon Kadis Perindag Kota Banjarmasin yang tinggal menunggu pelantikan ini juga membeberkan harga sembako lainnya.

Dari monitoring pihaknya dilapangan ketersediaan Bapok dan bapokting, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin telah melakukan pemantauan harga dan stok ke 9 Distributor di Banjarmasin.

“Kesimpulannya Ketersediaan barang kebutuhan pokok seperti beras,
minyak goreng, tepung, Gula, Mie Instan dll masih cukup aman sampai 1
bulan kedepan. Harga di tingkat
Distributor juga tidak ada
kenaikan,” bebernya.

Ia melanjutkan, terhambatnya jalur distribusi dari Batulicin, Plaihari, Banjarbaru ke arah Banjarmasin agak mengganggu kelancaran pasokan komoditas cabai dan daging ayam shg berpengaruh terhadap ketersediaannya.

Harga dari distributor sebenarnya tidak meningkat namun harga di pasar tradisional mengalami kenaikan yaitu untuk cabai merah biasa Rp. 50.000 yang sebelumnya hargax 35.000/ kg.

Cabai merah keriting 75.000/ kg dari sebelumnya 45.000/ kg. Cabai Rawit merah lokal langka di pasaran kalaupun ada harganya Rp. 140.000/ kg sedang cabai rawit hijau harganya malah turun menjadi Rp. 60.000/ kg dari sebelumx Rp 90.000/kg. Daging sapi stok cukup dan harganya stabil Rp.125.000/ kg.

Ikan Sungai seperti ; ikan papuyu harganya masih tetap Rp 100.000/ kg, ikan Haruan Rp. 65.000,-/ kg namun ikan patin harganya naik menjadi Rp. 25.000 meski stok terpantau cukup banyak.

Stok ikan yang berkurang adalah ikan nila karena banyak tambak ikan yang hanyut akibat banjir namun harga ikan nila masih tetap Rp. 35.000 di banding hari sebelumnya. Ikan laut segar harganya tetap tidak ada perubahan demikian juga dengan ikan asin.

Untuk daging ayam ras hargax naik dari sebelumnya Rp. 33.000/ kg hari ini menjadi Rp. 34.000/kg namun daging ayam ras d pasar lebih banyak dijumpai dari pada hari kemarin.

Penulis: Hamdani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed