oleh

Banjarmasin Miliki 10 Sekolah Ramah Anak

-Bandarmasih-2.486 views

Banjarmasin, BARITO  SDN Telaga Biru 1 ditetapkan sebagai ‘Sekolah Ramah Anak’ oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Banjarmasin, di Halaman SDN Telaga Biru 1 Banjarmasin, Kamis (18/10).

Menurut Kadis P3A Kota Banjarmasin, Iwan Fitriadi, ditetapkannya SDN Telaga Biru  sebagai ‘Sekolah Ramah Anak’ ini merupakan kelanjutan program pihaknya dimana itu dilaksanaka yang ke 10 kalinya sepanjang tahun 2018 dari 300 lebih SD di Banjarmasin.

Adapun maksudnya sebagaimana dalam bunyi pasal 4 UU No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Disebutkan di atas salah satunya adalah berpartisipasi yang dijabarkan sebagai hak untuk berpendapat dan didengarkan suaranya. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang terbuka melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan, kehidupan sosial,serta mendorong tumbuh kembang dan kesejahteraan anak.

“Sekolah ramah ini seperti di sekolah itu tidak boleh ada kekerasan terhadap anak, kemudian kenyamanan bersekolah termasuk bagaimana kebersihannya, seperti itu yang bisa kami sampaikan secara garis besarnya,” ucapnya setelah acara kepada wartawan, Kamis (18/10).

Iwan melamjutkan, penetapan sekolah ramah ini diharapkan pada sekolah bisa menjaga soal hal diatas. Dimana agar terus tercipta kenyamanan dalam ajar mengajar. “Kami harap dengan ini pihak sekolah menjaga komitmen tersebut,” katanya.

Sementar itu, Kepala Sekolah SDN Telaga Biru, Abdul Wahid mengtakan, pihaknya komitmen menjaga apa yang sudah diamanatkan itu. Ia berharap dengan itu SDN Telaga Baru 1 terus maju dan terus memberikan prestasi. “Dengan ini mudaham sekolah kami terus maju dan berkembang,” katanya.

Acara yang dihadiri sekitar 600 siswa itu, selain pemaparan sekolah ramah anak, juga ada sosialisasi narkoba yang disampaikan oleh Kepala BNNK Banjarmasin, AKBP Norma. Kemudian acara ini juga dihadiri Kabid SD Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Kamis (18/10. dan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed