oleh

Balogo dan Bagasing ASN Meriahkan Hari Korpri

Banjarmasin, BARITO – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel mempertandingan balogo dan gasing antar Aparatur Sipil Negara (ASN). Kegiatan tersebut masih dalam rangkaian peringatan Hari Korpri 2020, Selasa (1/12) di Perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Banjarbaru.

Sebagai kepedulian dan perhatian terhap budaya nusantara, Dispora Kalsel dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggalakan olahraga tradisinal. Salah satunya balogo dan bagasing dalam memeriahkan HUT ke 49 Korpri 2020.

“Balogo dan bagasing merupakan olahraga tradisional dan kekayaan banua. Dengan melibatkan ASN dalam lomba ini juga salah satu cara membudayakan dan melestarikannya dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Kepala BKD Kalsel, Sulkan SH MH.

Olahraga tradisional, lanjutnya, hendaknya terus dikembangkan dan dihidupkan lagi agar lebih dikenal luas sampai nusantara. “Tugas kita sekarang bagaimana olahraga tradisional Kalsel menjadi bagian kegiatan nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Kadispora Kalsel H Hermansyah turut menyampaikan, dengan melibatkan ASN di pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ternyata antusiasme dari ASN luar biasa.

“Masing-masing SKPD mengirim regunya dan ada 30 grup SKPD untuk yang balogo. Kemudian yang untuk bagasing sebanyak 20 peserta,” jelasnya.

Banyaknya yang ambil bagian, sambungnya, merupakan wujud kepedulian bahwa ternyata olahraga tradisional pun berkembang pesat. Bukan hanya di masyarakat tapi di lingkungan lain pun sudah sangat berkembang.

“Tentu ini menjadi motivasi Dinas Pemuda dan Olahraga untuk terus menggelorakan olahraga tradisional di Kalimantan Selatan, supaya apa kita tuju yakni mengangkat ‘batang tarandam’ misalnya bisa kita membangkitkan Batang tarandam dalam hal ini adalah olahraga tradisional,” jelasnya.

Selain itu, ditambahkannya, akan terus dibangkitkan agar bisa berprestasi khususnya nanti di kegiatan-kegiatan seperti Fornas dan sebagainya.

“Kedepan akan kita tingkatkan hingga berskala nasional, semangat ini akan kita sampaikan ke kabupaten kota terlebih dahulu,” bebernya.

Penulis: Tolah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed