oleh

Apresiasi Aplikasi Bekantan, Kadiv Humas Polri segera Sampaikan ke Kapolri. 28 Kasus Karhutla di Kalsel Tahap Penyelidikan

Banjarmasin, BARITO – Kepada Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol M Iqbal mengapresiasi sekaligus terkesan terhadap aplikasi Bekantan Polda Kalsel yang dikelola Ditreskrimsus Polda Kalsel dalam upaya memberantas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalsel . Aplikasi berbasis teknologi informasi Android itu memang diperuntukkan untuk masyarakat agar dengan cepat bisa memberikan informasi adanya karhutla.”Saya apresiasi Aplikasi Bekantan ini, saya terkesan dan salut untuk Direktur Ditreskrimsus Polda Kalsel”puji M Iqbal yang didampingi Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Moch Rifai
usai mendengarkan penjelasan dari Direktur Ditreskrimsus Polda Kalsel Kombes Pol M Rizal Irawan di ruangan Aplikasi Bekantan Kantor Ditreskrimsus Polda Kalsel, Kamis (22/8/2019) sore .

Kedatangan M Iqbal ke Polda Kalsel didampingi Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani sebelumnya menutup acara Sosialisasi Pemantauan Siber dan Analisis Media Divisi Humas di Aula Mathilda Batyaleri Polda Kalsel Menurut perwira tinggi Polri bintang dua ini aplikasi Bekantan bisa diaplikasikan ke beberapa Polda daerah lain yang juga disibukkan mengatasi Karhutla. “Saya akan sampaikan Aplikasi Bekantan ini langsung ke Bapak Kapolri “ pungkas lulusan Akpol 1991 yang pernah menjabat Pamapta dan Wakasatlantas Polresta Banjarmasin ini . Sementara itu Direktur Ditreskrimsus Polda Kalsel Kombes Pol M Rizal Irawan menjabarkan, Aplikasi Bekantan merupakan singkatan dari Berantas Kebakaran Lahan dan Hutan(Bekantan) “Jadi Aplikasi ini diperuntukan bagi masyarakat ataupun anggota Polri” terangnya .

Masyarakat yang mendownload melalui Play Store bisa melaporkan setiap kejadian jika ada kebakaran memotretnya dan diaplikasi sudah ada menu Open Camera sehingga akan diketahui dimana titik api berada” Jadi sifatnya pelaporan dari masyarakat secara real-time sementara bagi anggota Polri diwajibkan seluruhnya mendownload aplikasi dan akan mendapatkan notifikasi apabila ada ada titik api yang kemudian dipantau melalui posko . Aplikasi bekantan sendiri terintegrasi dengan 4 satelit seperti NOAA, satelit Aqua Terra ataupun milik LAPAN .“ Jadi masyarakat Kalimantan Selatan Apabila andw cinta akan Kalimantan Selatan ini dan peduli terhadap api saya harapkan segera download aplikasi Bekantan ini “ imbau mantan Kapolres Kotabaru dan Tanah Bumbu ini .

Khusus untuk kasus Karhutla yang ditangani Ditreskrimsus sejauh ini ada 28 kasus yang sedang dalam tahap penyelidikan “Dan yang sudah cukup alat bukti saat ini baru satu dan kasusnya ditangani Polres Banjar “pungkasnya . Rizal tidak memperinci apakah dari 28 kasus itu ada yang melibatkan korporasi . Ini mengingat kasus masih dalam tahap penyelidikan.

Mercurius

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed