oleh

Anggota DPRD : Buat Kebijakan Komprehensif Untuk Kepariwisataan Kotabaru

Kotabaru, Barito – Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, Genta Kusan berpendapat bahwa pemerintah setempat perlu membuat suatu kebijakan yang komprehensif dengan melibatkan berbagai sektor guna mengembangkan sektor kepariwisataan.

“Perlu dibuat kebijakan yang komprehensif dengan melibatkan sektor-sektor lain guna menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah yang signifikan,” kata Genta di Kotabaru, Sabtu, terkait dengan hasil studi banding bersama sejumlah anggota DPRD ke Dinas Pariwisata Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Dikatakannya, kesuksesan Kota Makassar dalam menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu penghasil pendapatan bagi daerah setempat melalui retribusi wisata, hendaknya menjadin masukan dan inspirasi bagi Kotabaru.

Kota Makassar, menurut dia, dalam membuat kebijakan yang berkaitan dengan kepariwisataan begitu profesional dan paripurna.

Setidaknya, keparipurnanan itu, kata Genta, terlihat dari sistem yang cenderung modern dan kekinian karena hampir semuanya sudah dilengkapi dengan sistem daring, begitupun regulasinya yang melibatkan sektor-sektor terkait.

Ia mencontohkan, untuk menjadikan daya tarik bagi wisatawan datang ke Makassar, Dinas Pariwisata Makassar berkoordinasi dengan Dinas UMKM dan Dinas Perhubungan, di antaranya, memberikan ruang dan memfasilitasi ruang yang layak bagi pelaku usaha UKM di area wisata secara gratis, asalkan mereka mau mengikuti ketentuan yang disyaratkan, muislanya, kebijakan penetapan standar harga.

Begitupun dengan sarana pendukung lain, seperti sektor perhotelan, restauran dan fasilitas angku

 

Antara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed