oleh

Adipura Kencana Banjarmasin, Hanya Mimpi?

Banjarmasin, BARITO – Peluang Banjarmasin untuk bisa meraih penghargaan Adipura Kencana sepertinya masih jauh dari harapan. Pasalnya, Banjarmasin belum mampu mengejar 30 persen ruang terbuka hijau yang menjadi salah satu syaratnya itu.

Menurut Kabid Kebersihan, DLH Kota Banjarmasin, Marzuki, adipura tingkat itu diakuinya sangat berat yang tidak mudah Kementrian Lingkungan Hidup Kehutanan  KLHK RI memberikan penghargaan tersebut.

Di Indonesia, Adipura kencana satu satunya hanya Surabaya yang berhasil meraihnya.

“Adipura Kencana itu selain Surabaya rasanya sangat berat untuk diraih,” kata Marzuki.

Ia melanjutkan, untuk meraih Kencana salah satunya syarat yang belum dimiliki Banjarmasin adalah kriteria 30 persen dari luas wilayah merupakan RTH.

Sementara wilayah Banjarmasin hanya sekitar 20 persen RTH nya. Itupun belum maksimal.

“Sebenarnya Adipura Kencana ini sangat berat syaratnya, tapi tidak salahnya kita berusaha semaksimal mungkin,” jelasnya.

Marzuki melanjutkan, belum lagi syarat lainnya yang mengharuskan Adipura Kencana akan jatuh kepada kota yang menerapkan TPA dengan sistem Wise Energy, hal ini membuat Banjarmasin semakin jauh untuk mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut.

Pasalnya, menurut Marzuki butuh biaya yang besar untuk menerapkan TPA Wise Energy, “Kalau ada investor bisa saja, karena biayanya tidak sedikit untuk menerapkan ini, lahan rawa dan basah pun turut menjadi kendala untuk membuat TPA yang bisa menciptakan sumber energi listrik,” tutupnya.

Penulis: Hamdani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed