oleh

9 Desember Utamakan Prokes di TPS, Tekan Angka Golput 2020

Banjarmasin, BARITO – 9 Desember 2020 pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak termasuk di Kalimantan Selatan pemilihan gubernur, walikota dan bupati. Bagi pemilih yang menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) diingatkan mengutamakan protokol kesehatan, yakni pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Imbauan ini disampaikan Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H Supian HK kepada wartawan di Banjarmasin, Selasa (8/12/2020).

Supian HK mengingatkan kepada masyarakat di Kalsel yang menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS pada 9 Desember 2020, agar mengutamakan protokol kesehatan, seperti pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

“Utamakan 3 M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak saat di TPS,” imbau Supian HK.

Tak hanya mengingatkan protokol kesehatan saat di TPS, Supian HK juga mengimbau usai menggunakan hak pilih, agar masyarakat menghindari kerumunan di TPS.

“Setelah selesai memilih jangan berkerumun dan segera balik ke rumah,” pintanya.

Menurut Supian HK dengan mematuhi protokol kesehatan, ini bentuk kebersamaan untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak, termasuk peran pelaksana Pilkada dengan menerapkan 3 M di TPS-TPS serta tim sukses masing-masing pasangan calon juga turut membantu mensukseskan Pilkada serentak.

“Semua tim sukses harus ikut menggiring pengamanan. Karena pihak KPU dan Bawaslu orangnya terbatas,” ujarnya.

Kepada para pendukung paslon, Supian HK juga meminta menjaga ketenangan dan ketentraman di TPS-TPS, terutama saat penghitungan perolehan suara, karena ini harus diwaspadai.

Supian HK juga berharap pada pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020 angka golongan putih (golput) bisa ditekan, karena jumlah pemilih di Kalsel ini dikisaran 2 juta lebih.

Diceritakannya sebagaimana Pemilu 2019 kemarin terdapat suara Golput yang berkisar 22 persen dan jumlah ini terus meningkat jika dihitung dari beberapa tahun silam, karena itu kita imbau masyarakat menggunakan hak pilihnya untuk menentukan pemimpin yang akan datang.

“Saya sebagai wakil rakyat mengimbau elemen masyarakat di Kalsel gunakanlah hak pilih dan pilihlah sesuai hati nuraninya,” pungkasnya.

Penulis : Sopian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed