oleh

26 Tim Sepakbola Incar Piala Paman Birin Cup

Banjarmasin, BARITO – Sebanyak 26 tim bersaing mengincar piala Paman Birin Cup pada festival sepakbola yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel dari 7 sampai 10 November 2019 di Stadion 17 Mei Banjarmasin.

“Tim yang tampil di festival ini, para juara di masing-masing kabuoaten dan kota, kemudian bertanding di tingkat provinsi memperebutkan piala Gubernur Kalsel. Ada beberapa kategori yang dipertandingkan, yakni usia 13–15 tahun dan usia 17–25 tahun,” sebut Kadispora Kalsel Hermansyah didampingi Yuyu Rahmad Mulyana selaku Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, kemarin usai pembukaan.

Ajang ini, ucapnya, sebagai upaya untuk pencarian bakat pesepakbola bertalenta daerah, khususnya yang masih usia muda.

Sebab, ungkap dia, pemain dipantau langsung klub sepakbola Barito Putera yang merupakan klub liga 1, dan kebanggaan masyarakat Kalsel. “Kita berharap ada pemain khususnya yang usia 13–15 tahun masuk tim Barito Putera junior nantinya,” papar Hermansyah.

Karena keinginan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau disapa akrabnya Paman Birin, ada pemain muda daerah ini yang masuk klub profesional, utamanya di Barito Putera.

“Masa, kata gubernur kita, mencari 11 pemain daerah yang baik saja sulit, harus diupayakan terus melakukan pembinaan hingga ke desa-desa,” sebutnya.

Ketua Panitia Pertandingan, Yuyu Rachmad Mulyana menambahkan, festival sepakbola ini sebagai langkah pembinaan yang berjenjang dilakukan pemerintah provinsi untuk olahraga sepakbola daerah.

Saat ini, sambungnya, Paman Birin sangat perhatian terhadap olahraga sepakbola daerah, hingga menggelar banyak pertandingan untuk mencari bibit berbakat pemain daerah. “Kita berharap pada pertandingan ini akan berlangsung secara sportif, hingga ditemukan tim yang terbaik di daerah,” pungkasnya.

Pada pembukaan festival sepakbola ini digelar pertandingan persahabatan antara tim Pemkot Banjarmasin dan Tim Pemprov Kalsel.

Penulis: Tolah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed