303 Atlet Difabel Bersaing Menuju Peparpernas

by admin
0 comment 1 minutes read

Banjarmasin, BARITO – DinasPemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel kembali menggelar Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (Peparpeda). Sebanyak 303 atlet difabel bersaing menjadi terbaik dieven tersebut menuju Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpernas) X Papua, Rabu (1/5) di SLBC Negeri Pembina Kalsel, Jalan Ahmad Yani km 20 Liang Anggang Banjarbaru.

Perhelatan Peparpeda Kalsel yang diikuti ratusan atlet difabel dari utusan masing-masing kabupaten dan kota itu mempertandingkan lima cabang olahraga (cabor), yakni atletik, renang, bulutangkis dan tenis meja dengan kategori putra dan putri. Sedangkan cabang catur, hanya mempertandingkan khusus putra.
Peparpeda yang dilaksanakan selama empat hari ini, dibuka langsung Asisten III Sekdaprov Kalsel, Drs Heriansyah mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, dan Kadispora Kalsel H Hermansyah.
“Peparpeda sudah menjadi agenda tahunan. Namun kali ini, sekaligus persiapan menuju Peparpernas X 2020 di Papua,” ungkap Bidang Pembudayaan Olahraga Kalsel, Yuyu Rahmad Mulyana didampingi Galoeh Hairunisa Basoeni kepada wartawan, kemarin petang.
Kegiatan ini, kanjutnya, sebagai wadah berkompetisi bagi atlet yang memiliki keterbatasan tuna daksa, tuna rungu, tuna daksa dan tuna grahita. “Untuk venue semua cabor akan dipertandingkan di Banjarbaru,” ujar pria penyuka futsal dan sepakbola ini.
Event yang diselenggarakan dua tahunan sekali ini, bertujuan mencari bibit atlet pelajar penyandang disabilitas untuk berlaga di tingkat nasional dan internasional.
“Kami berharap lewat ajang ini, lahir atlet muda yang berprestasi sehingga bisa menjadi penerus bagi atlet Paralimpik senior yang banyak mendulang prestasi,” pungkasnya.
Sementara itu, Asisten III Sekdaprov Kalsel, Drs Heriansyah mengatakan, bahwa gubernur sangat berharap melalui kejuaraan ini dapat menghasilkan atlet berprestasi di masa mendatang.
“Semoga Paralympic ini bisa melahirkan atlet yang tak hanya berprestasi di tingkat nasional namun juga international. Kita memiliki hak sama, dan pemerintah sangat fokus dengan hal ini,” ucapnya. Tolah

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment